Cara Ampuh Menghilangkan Berbagai Jenis Noda


 Halo selamat malam sahabat tipsunikibu.com. Noda yang sukar dihilangkan memang membuat kita kadang merasa kesal, tidak hanya pada pakaian, tetapi pada barang-barang lainnya seperti pada perabotan rumah tangga. Nahh, kali ini saya akan berbagi cara ampuh menghilangkan berbagai jenis noda yang mungkin Anda belum ketahui. Mari kita simak informasinya berikut ini. Baca juga : Cara Menghilangkan Noda Bandel Pada Pakaian

 Cara Ampuh Menghilangkan Berbagai Jenis Noda



Cara menghilangkan noda sayur

Ketika Anda mengolah sayuran untuk dimasak, kadang jari-jari kita terkena noda dari sayuran tersebut dan sulit dihilangkan. Jadi, ketika jari Anda kena bintik karena membersihkan sayur, Anda dapat menghilangkan bintik tersebut dengan sepotong kentang yang mentah.

Cara menghilangkan noda kopi

Anda bisa menghilangkan noda-noda kopi di atas lembar-lembar buku dengan syarat dikerjakan secepat mungkin. Terlebih dahulu, hapuslah noda tersebut dengan lap basah yang bersih. Tentunya masih tertinggal noda-noda kuning, ini dapat dibersihkan dengan cara membasahkannya dengan ’’bleek-water” lalu digosok dengan hati-hati. Kemudian seterikalah kertas tadi dengan seterika yang masih hangat, tapi awas seterika itu jangan terlalu panas.
Kopi yang berceceran di atas taplak meja berwarna putih akan menimbulkan noda-noda yang sukar dihilangkan dengan sabun. Untuk menghilangkan noda-noda kopi ini hendaknya dipergunakan glycerine (dapat dibeli di apotik-apotik dengan harga yang murah). Gosoklah noda-noda tersebut dengan cairan ini sampai bersih, baru dicuci dengan sabun.

Cara menghilangkan noda telur pada sendok

Garpu, sendok atau pisau Anda selalu menjadi bernoda bila habis dipergunakan untuk makan telur. Bagaimana menghilangkannya? Gosoklah alat-alat makan tersebut dengan garam, setelah dicuci dengan air sabun, kemudian baru dengan air bersih. Setelah itu barulah dengan kain lap dari flanel.Juga noda-noda bekas telur misalnya yang ada di sendok atau pisau perak Anda akan hilang jika direndam dalam air perebus kentang.
Masukkanlah perkakas-perkakas perak tersebut di dalam air kentang yang masih panas, biarkanlah kira-kira 10 menit, keringkan, lalu gosok dengan lap flanel. Perkakas-perkakas Anda akan mengkilap pula.Selain untuk ini, air perebus kentang berfaedah juga dipakai untuk mencuci muka.

 Cara menghilangkan noda putih pada meja berpolitur

Meja yang berpolitur seringkali menjadi putih-putih karena ketumpahan air dan Anda lupa membersihkannya. Noda-noda putih ini dapat dihilangkan dengan sepotong kain yang terlebih dahulu sudah dicelupkan ke dalam minyak kelapa (minyak goreng). Gosok-gosoklah noda putih itu dengan kain berminyak. Jika tidak bersih sekali, ulangilah sehingga noda-noda itu hilang.

Cara menghilangkan noda teh pada cangkir

Cangkir yang sering dipakai untuk teh, jika mencucinya kurang bersih menyebabkan noda-noda coklat. Untuk menghilangkan noda bekas minuman teh ini sebenarnya mudah dihilangkan dengan jeruk nipis. Potonglah jeruk nipis, lalu gosokkan di noda-noda tersebut, tentu akan hilang sekaligus.

Cara menghilangkan flek putih pada ubin

Lantai ubin Anda seringkali menjadi putih kalau kena air jeruk. Noda-noda putih ini dapat dengan mudah dibersihkan dengan sepotong kain flanel yang terlebih dulu dicelup ke dalam minyak kelapa (atau minyak sayur). Gosok-gosoklah ubin dengan kain flanel berminyak ini, dalam waktu yang singkat noda-noda putih akan lenyap. Bila tidak ada flanel kain (tekstil) apapun boleh.

Jika plastik putih menjadi kuning

Plastik putih jika disimpan lama akan menjadi kuning. Barang-barang yang terbuat dari plastik putih, seperti tas, ikat pinggang yang warnanya telah berubah menjadi kuning, tentu kita tidak senang memakainya. Untuk memutihkan kembali plastik yang telah menjadi kuning, pergunakanlah water-stofperoxyde 3% yang dicampur dengan amoniak dan diencerkan dengan air. Gosokkanlah campuran ini pada plastik lalu dijemur, sesudah itu baru cuci dengan sabun. (Bahan-bahan kimia tersebut dapat dibeli di apotik atau toko bahan-bahan kimia).

Cara menghilangkan noda minyak ikan

Noda minyak ikan pada pakaian Anda sukar dilenyapkan dengan sabun. Coba Anda beli tetra di apotik atau pada penjual bahan-bahan kimia, cucilah (rendam) pakaian Anda yang terkena minyak ikan sebentar lalu gosok-gosok, maka noda-noda tersebut akan hilang. Terakhir baru dicuci dengan sabun dan dibilas dengan air bersih.

Di jaman modern sekarang ini memang sudah banyak obat-obatan penghilang noda yang di jual di pasaran. Tetapi tidak ada salahnya kita mencoba dengan cara yang tradisional. Ini merupakan salah satu cara menghemat uang Anda juga. Cara yang saya gunakan di atas adalah warisan dari orang tua. Semoga dengan cara ampuh menghilangkan berbagai jenis noda yang saya bagikan dapat membantu Anda semua. Terimakasih.
0 Komentar untuk " Cara Ampuh Menghilangkan Berbagai Jenis Noda "


Back To Top