Cara dan Tips Praktis Menjahit Pakaian

Kali ini kita masih akan membahas tips seputar pakaian, khususnya  menjahit. Dengan Anda mampu menjahit pakaian, paling tidak pakaian yang rusak bisa Anda betulkan, atau bahkan Anda bisa membuat pakaian baru dari hasil kreasi Anda. Tetapi, biasanya masalah-masalah kecil timbul pada saat Anda menjahit pakaian yang Anda mungkin belum tahu pemecahan masalah tersebut. Untuk itu, saya akan membagikan cara dan tips praktis menjahit pakaian yang mungkin dapat membantu Anda. Simak tips-tipsnya berikut ini:

Cara dan Tips Praktis Menjahit Pakaian


Mesin jahit

Mesin jahit yang sering dipakai, paling sedikit sebulan sekali harus dibersihkan. Untuk membersihkannya, kalau kita panggil montir tidak sedikit ongkosnya. Padahal pekerjaan ini mudah saja.

Bagian-bagian yang kotor dan tempat-tempat perputaran dibersihkan dengan bensin dan kwas (penseel) kemudian dikeringkan dengan lap. Berilah minyak mesin pada bagian-bagian yang berputar. Bila minyak mesin terlalu mahal harganya, anda dapat pergunakan minyak parafine (dapat dibeli di apotik dengan harga yang murah) yang tidak kalah mutunya dari minyak mesin jahit dari merek yang sudah terkenal. Mesin jahit yang dirawat demikian akan lancar jalannya dan enak dipakainya.

Menjahit tekstil kasar

Bila menjahit tekstil yang kasar, jarum mesin jahit seringkali patah. Untuk menghindari hal ini, sering-seringlah gosok jarum mesin jahit dengan sabun cuci ketika menjahit tekstil kasar. Maka jarum akan lebih tahan.

Tekstil yang sukar dijahit

Tekstil yang tipis seperti sutera sukar dijahitnya, dan seringkali menjadi kumal atau merosot di sana-sini. Untuk memudahkan anda menjahitnya, jahitkanlah sehelai kertas tipis di bawah tekstil tersebut, baru kemudian dijahit menurut kemauan anda. Setelah selesai, buanglah kertas tersebut.



Tekstil kembang atau warna

Bahan untuk pakaian anda sebelum dipotong untuk di¬jahit rendamlah dulu di dalam air supaya tidak mengkeret (mengerut) atau ciut. Supaya tekstil tidak luntur, rendaman diberikan sedikit cuka dan direndam kira-kira satu jam lamanya.

Benang pada sekoci mesin jahit

Bagi yang punya mesin jahit di rumah dan sering jahit menjahit, tentu sekali waktu pernah merasa gondok (kesal), karena sedang asyik-asyiknya menjahit, tahu-tahu benang dalam sekoci habis. Lain kali, bilamana anda mengisi benang untuk sekoci bagian ujungnya sepanjang kurang lebih sejengkal anda beri warna dengan lilin berwarna.
Bila anda sedang menjahit dan menjumpai benang berwarna lain, maka tahulah anda bahwa benang dalam sekoci sudah waktunya diisi kembali dan tidak terlanjur anda pergunakan terus menjahit sehingga baru jalan beberapa cen¬timeter lalu berhenti untuk mengisi sekoci.

Menyimpan jarum

Jarum jahit, baik untuk mesin maupun untuk jarum jahit tangan supaya disimpan lama tidak berkarat, taruhlah ke dalam kotak yang berisi serbuk lilin.

Mempertajam jarum mesin

Mempertajam jarum mesin yang lama yang telah agak tumpul dan agak sukar untuk dipergunakan dengan baik, dengan cara yang sangat mudah ialah dengan menjahitkan sepotong kertas ampelas dengan jarum tersebut berkali-kali sehingga menjadi baik dan tajam lagi.

Jarum karatan

Jarum jika disimpan, sering karatan. Untuk mencegah ini simpanlah di doos atau botol yang telah diisi dengan sedikit beras.

Mempertajam gunting

Dengan cara yang sama pula anda dapat menajamkan gunting anda yang sudah tumpul dan sangat sukar untuk menggunting sesuatu dengan gunting itu. Gunting-guntinglah kertas ; ampelas beberapa kali sehingga anda rasa cukup tajam.

Pengganti bidal

Bagi yang suka menjahit dengan tangan tentu kenal akan bidal. Bidal dipergunakan orang untuk melindungi jari si penjahit dari tusukan pangkal jarum. Karena barangnya kecil kadang-kadang kalau waktunya mau dipergunakan seringkali tidak dapat dijumpai.
Sebagai pengganti bidal dapat anda pergunakan uang logam yang kecil seperti uang logam 25 rupiah atau sejenisnya. Supaya jangan mudah lepas, lekatkanlah uang logam tersebut dengan plester pada ujung jari anda.

Menjahit bisa dikatakan merupakan hobi atau Anda suka dengan kerajinan tangan. Hal ini bisa dijadikan sumber tambahan penghasilan dengan membuka jasa penjahit. Semoga dengan artikel cara dan tips menjahit pakaian dapat membantu Anda dalam proses menjahit, selamat mencoba.
0 Komentar untuk " Cara dan Tips Praktis Menjahit Pakaian "


Back To Top