Cara Memasak Daging Dan Ikan

Untuk ibu rumah tangga, memasak daging dan ikan mungkin sering dilakukan. Ada banyak tips dan cara untuk memudahkan dan dalam Anda memasak daging dan ikan yang mungkin Anda belum mengetahui dan mungkin dan dapat membantu Anda, simak Cara Memasak Daging Dan Ikan berikut ini ;
Cara Memasak Daging Dan Ikan

Memasak Daging

  • Memasak daging yang keras

Bila anda kebetulan mendapat daging dari sapi yang tua atau daging kerbau, seringkali keras dan lama sekali memasaknya menjadi empuk. Anda dapat mempercepat empuk daging tersebut bila dalam air rebusan daging tersebut anda beri 'brandewijn (anggur). Setiap kg. daging berilah kira-kira 2 sendok teh brandewijn. Dengan brandewijn ini daging menjadi cepat empuk dan tidak mengganggu rasa.
Dapat juga anda mempergunakan cara yang lain. Daging yang keras (biasanya berwarna merah tua) anda bungkus dulu dengan daun papaya selama kurang lebih 2—3 jam. Setelah itu cuci dan godok.

  • Menggiling daging

Melumatkan daging dengan gilingan daging tentu lebih mudah dan lebih enak. Tapi tidak enaknya ialah selalu masih ada sisa daging yang belum tergiling di dalam gilingan itu dan sisa yang sedikit ini harus kita cincang dengan golok. Sungguh berabe.
Lain kali, setelah daging habis dimasukkan penggilingan semua, masukkanlah sepotong roti atau kentang rebus ke dalam gilingan dan sisa daging yang biasanya tidak tergiling halus akan keluar juga dari penggilingan. Dan roti atau kentangnya bisa dicampur dengan daging cacahan (gilingan) itu.

  • Menyimpan udang

Bila nyonya pergi ke pasar dan kebetulan melihat udang yang bagus dan besar-besar, nyonya dapat membelinya dan menyimpannya untuk beberapa hari.Kupaslah udang-udang tersebut lalu cuci dan beri garam secukupnya lalu masukkan ke dalam kantong plastik. Tutup ujung kantong dengan karet gelang lalu taruh dalam lemari es. Dengan menggunakan cara ini udang bisa lebih lama tahan disimpan.

  • Panggang ayam dalam oven

Bilamana anda memanggang ayam dalam oven, cobalah anda pergunakan campuran dari sebagian cairan madu de­ngan tiga bagian air jeruk manis yang telah diaduk menjadi satu.Poleskanlah seringkali pada ayam yang sedang dipang- gang dalam oven tersebut, hasilnya akan anda lihat. Bila sudah matang, warnanya akan lebih baik dan rasanyapun lebih enak.

  • Membersihkan bulu babi

Bila anda ingin memasak daging babi yang berkulit, tentu pada kulitnya banyak terdapat bulunya. Untuk mem- bersihkannya sangat menjengkelkan. Cara membersihkan kulit babi dan menghilangkan bulu-bulu nya adalah sebagai berikut:
Terlebih dulu kulit babi tersebut dikerik dengan pisau yang tajam (kalau ada lebih baik dengan pisau silet) sampai bersih, lalu panggang bagian kulitnya dengan api arang, maka bulu-bulu akan bersih betul, baru dimasak sesuai dengan selera anda.

  • Bebek panggang

Bagi para penggemar bebek panggang, untuk membuat kulit bebek panggang tersebut menjadi garing dan renyah, ikutilah petunjuk di bawah ini :
Ketika kulit bebek mulai menguning di dalam oven, keluarkanlah sebentar lalu tusuk-tusuk dengan garpu seluruh badannya, kemudian masukkan kembali ke dalam oven sampai matang.

  • Memasak kaki babi

Supaya masakan kaki babi nantinya tidak berlendir sesudah matang, ikutilah petunjuk-petunjuk seperti di bawah ini:
Terlebih dulu bulu-bulu yang terdapat pada kulitnya harus dibersihkan dengan pisau silet atau dicabuti sampai bersih. Setelah itu cuci dan panggang di atas api arang sampai warna kulitnya agak kuning, kemudian baru di-potong-potong dan siap untuk dimasak.

  • Daging untuk bistik

Daging untuk bistik sebaiknya daging lemusir (haas). Bila kebetulan daging haas tidak bisa Anda dapatkan di pasar, daging biasa asal saja tidak yang banyak uratnya, dapat dipakai sebagai penggantinya. Untuk membuat bistik anda lebih empuk, berilah sedikit air jeruk dan Worcestershire saus (kecap Inggris) dan rendamlah selama satu jam sebelum digoreng.
Cara Memasak Daging Dan Ikan

Memasak Ikan

  • Ikan berbau lumpur

Daging ikan, terutama ikan rawa atau sungai, seringkali berbau lumpur. Anda dapat menghilangkan bau lumpur, de­ngan cara membuang insangnya sampai bersih betul. Cara lain yang dapat anda lakukan ialah waktu ikan digoreng. Masukkanlah sepotong kulit roti tawar ke dalam minyak, niscaya bau lumpurnya akan hilang.

  • Membersihkan ikan

Dalam membersihkan ikan, bukankah anda harus memegang ikan itu? Tetapi sering kali ikan itu sangat lieih hingga setiap kali terlepas dari tangan. Untuk mencegah su­paya tidak terjadi yang demikian, tangan anda harus diberi garam yang telah dihaluskan.
Perut ikan adalah bagian atau pusat amis (anyir). Un­tuk membersihkannya pergunakanlah garam dan kalau mungkin dengan air jeruk. Gosok-gosoklah garam pada bagian ikan yang kena aliran air ledeng. Dengan garam juga akan mempermudah anda member­sihkan sisik ikan.

  • Menggoreng ikan

Bila anda menggoreng ikan potongan, biasanya diberi dulu telur kopiokan baru digoreng, bukan? Untuk mendapatkan hasil yang baik, pada telur kopiok beri sedikit minyak. Dengan cara ini gorengan ikan anda akan baik dan tidaik akan menjadi hancur.
0 Komentar untuk " Cara Memasak Daging Dan Ikan "


Back To Top