Cara Memasak Sayuran Yang Benar Dan Tips Seputar Minyak Goreng Dalam Memasak

Selamat malam sahabat, setelah sebelumnya kita membahas cara memasak daging dan ikan, kali ini kita akan memberikan tips cara memasak sayuran dengan benar dan seputar tips tentang minyak dalam memasak. Ada banyak tips dan cara memasak sayuran yang benar dengan praktis yang mungkin dapat membantu Anda. Selain itu, kami juga menyajikan tips ringan seputar minyak goreng yang digunakan untuk keperluan memasak. Simak tips-tips menarik berikut ini.

Cara Memasak Sayuran Dengan Benar

  • Mengupas bawang

Jika Anda mengupas bawang merah (brambang) sering keluar air mata dan terasa perih di mata. Untuk mencegah ini, basahkanlah dulu bawang marah sebelum dikupas, atau kupaslah bawang merah di bawah pancuran air ledeng yang mengalir. Tangan yang menjadi kotor karena mengupas bawang dapat dibersihkan dengan garam lalu dicuci dengan sabun.

  • Mengupas tomat

Tomat karena amat tipis kulitnya sukar mengupasnya. Jika tomat itu dicelupkan ke dalam air panas sebentar, ku¬litnya mudah dikupas.

  • Mengupas ketimun

Anda tentu sering mengalami ketimun terasa pahit, biarpun sudah dikupas. Jika Anda mengupasnya mulai dari ujung terus ke bawah, ke bagian tangkai, rasa pahit tidak terjadi. Jika Anda mengupas dari arah sebaliknya seperti biasa, bagian yang pahitnya biasanya terdapat di bagian dekat tangkai akan meluas ke seluruh ketimun.

  • Sayur yang berlendir 

Kadang-kadang kita ada punya kelebihan sayur yang malamnya lupa dihangati. Atau dihangati oleh anak-anak sehingga mendidihnya tidak rata, itu akan mengakibatkan pagi harinya sayur itu berlendir. Kalau hanya sedikit, tak sayang untuk di- buang. Tetapi kadang-kadang kita bikin sayur sekali masak untuk dua atau tiga hari, tau-tau paginya berlendir, tentu sayang sekali untuk membuangnya. Nah bila anda mengalami de mikian, maka cobalah rendam kapur sirih. Endapkan kapur itu sehingga airnya membening. Setelah air kapur itu bisa diambil beningnya, maka sayur yang sudah dijerangkan di atas kompor itu tuangi dengan air kapur itu, ratakan dan aduk2lah sampai air kapur itu meratai seluruh sayur, dengan demikian anda akan tidak jadi kehilangan sepanci sayur untuk hari yang ditentukan.

  • Merebus kembang kol

Untuk keperluan menghias bentuk dan lain sebagainya kita perlu kembang kol yang direbus terlebih dulu. Kadang-kadang kita kecewa karena kembang kol rebus warnanya kuning, tidak bisa putih dan bagus.
Lain kali bila merebus kembang kol, berilah sedikit susu kental pada air untuk merebusnya. Kembang kol anda akan tetap putih bersih sesudah matang.

  • Merebus kentang

Bila anda merebus kentang dan anda ingin agar kentang anda tersebut cepat matangnya, tusuklah dengan sepotong kawat di tengahnya lalu rebus.Dengan cara ini kentang hanya memerlukan waktu se- tengah, daripada waktu merebus tanpa ditusuk.

  • Memasak kacang

Bila anda masak sayur kacang, baik kacang merah, kacang tolo, kacang polong dan lain sebagainya; janganlah memberi garam ke dalam sayur tersebut sebelum kacangnya empuk. Garam akan membuat kacang-kacangan menjadi lebih lama empuknya.
Juga demikian halnya jika anda memasak kol (kubis). Jangan memberi garam sebelum kol pada sop Anda atau sayur lainnya masak betul. Garam akan membuat kol menjadi alot (liat). Jika Anda memasak kacang polong sebaiknya berilah sedikit gula pasir supaya lebih cepat empuknya. Untuk kacang-kacangan lainnya berilah sedikit margarine.

  • Merebus asparagus

Asparagus seringkali dipergunakan dalam masakan, terutama sebagai penghias. Bila anda tidak menggunakan as¬paragus dalam kaleng, maka tentu anda menggunakan asparagus mentah dan ini harus direbus terlebih dulu sebelum dihidangkan. Adakalanya asparagus ketika diangkat dari panci telah hancur karena digodok terlalu lama.
Untuk menghindari hal semacam ini, lain kali bila anda merebus asparagus, ikatlah dulu dengan tali seluruhnya baru direbus. Bila sudah cukup matang dengan mudah dapat dikeluarkan dari panci sekaligus dan hasilnya akan baik se¬luruhnya.

Tips Seputar Minyak Goreng

  • Menghindari percikan minyak

Supaya meja di mana terletak kompor tetap bersih dari cepretan gorengan-gorengan, sebelum anda menggoreng apa-apa wajannya atau tempat gorengannya dihamburkan (sorinkel) dengan se¬dikit garam halus.
Bagaimana untuk menghindari minyak yang sedang me- mercik-mercik ketika anda menggoreng daging? Mudah saja, ambilikan sedikit garam dan masukkan da¬lam minyak sebelum anda memasukkan atau menggoreng sesuatu dalam kuali tersebut.

  • Minyak goreng

Minyak untuk keperluan menggoreng sebaiknya jangan dijadikan satu dengan minyak untuk memasak sayur. Minyak goreng harus ditempatkan di dalam kaleng (bekas susu bubuk atau mentega) dan diberi tutup.
Supaya minyak goreng Anda tidak cepat menjadi kotor atau keruh, saringlah segera setelah habis dipergunakan, dengan saringan kawat yang halus.

  • Menggoreng risoles atau bakso

Bila anda akan membuat risoles atau bakso daging goreng, supaya tidak pecah ketika digoreng, celupkanlah terlebih dulu risoles atau bakso daging ke dalam air dingin sebelum digulungkan pada tepung roti atau tepung terigu. Dengan cara ini hasil gorengan anda akan baik.

  • Supaya minyak kelapa jangan lekas tengik

Jika minyak kelapa terlalu lama disimpan akan menjadi tengik dan tidak dapat dipergunakan untuk menggoreng lagi. Untuk mencegah supaya minyak kelapa jangan cepat menjadi tengik baunya, berilah sedikit garam (untuk 1 liter minyak kira-kira 2 sendok teh) lalu masak sampai mendidih. Biarkan dingin lalu simpan dalam botol-botol.
Tips-tips praktis tersebut mungkin dapat Anda gunakan untuk kegiatan memasak sehari-hari. Dengan adanya cara dan tips tersebut diharap dapat membantu Anda sehari-hari. Terimakasih.
0 Komentar untuk "Cara Memasak Sayuran Yang Benar Dan Tips Seputar Minyak Goreng Dalam Memasak"


Back To Top