Cara Mencuci Pakaian Yang Benar dan Tips Merawat Pakaian

Cara Mencuci Pakaian Yang Benar dan Tips Merawat Pakaian-Halo selamat siang sahabat. Kali ini saya akan berbagi Cara Mencuci Pakaian Yang Benar dan Tips Seputar Pakaian yang hampir kebanyakan dengan cara tradisional. Cara dan tips ini saya dapatkan dari ibu saya. Sampai saat ini cara dan tips ini masih saya pakai dan masih terbukti ampuh. Silahkan simak cara dan tips berikut ini

Cara Mencuci Pakaian Yang Benar dan Tips Merawat Pakaian


Cara Mencuci Pakaian


Cara mencuci pakaian nylon

Pakaian anda yang terbuat dari nylon tidak akan menjadi kuning bila setelah pakaian itu dicuci dipergunakan sedikit blau cuci untuk pembasuh terakhir (Nylon yang berwarna putih).

 Cara mencuci beluderu

Pakaian dari beluderu tidak boleh dicuci seperti mencuci pakaian biasa. Caranya haruslah seperti berikut :
Mula-mula rendamlah pakaian tersebut di dalam air garam sebentar supaya kotoran-kotoran yang menempel pada pakaian tersebut mudah lepas. Sesudah itu direndam dalam air .sabun yang hangat dan bagian-bagian yang kotor disikat perlahan-lahan hingga bersih. Bilasi dengan air bersih beberapa kali hingga bersih betul, lalu gantung terbalik di panas. Beluderu sama sekali tidak boleh diperas. Dan jika sudah kering dijemur, juga tidak boleh diseterika tetapi sikatlah dengan sikat pakaian saja.

 Cara mencuci sarung tangan

Bila anda hendak mencuci sarung tangan yang kotor sekaligus dengan saputangan atau kaos kaki, cara yang paling  mudah ialah dengan memakai sarung tangan yang kotor tersebut di kedua belah tangan anda. Sambil mencuci sapu tangan atau kaos kaki atau cucian lainnya, maka sarung tangan anda akan tercuci dengan sendirinya. Menyingkat waktu bukan?

 Cara mencuci sapu tangan

Saputangan biasa digunakan untuk mengeringkan tubuh kita dan untuk keringat, maka biasanya saputangan yang telah dipakai seringkali menjadi dekil dan kotor. Kotoran pada saputangan dapat dibersihkan dengan sabun biasa dan bila perlu dengan air panas.

Bila saputangan telah menjadi kekuningan karena keringat, ini sukar diputihkan kembali dengan sabun dan dicuci secara biasa. Untuk membersihkan saputangan yang kuning karena keringat, bersihkanlah dengan cara sebagai berikut

Rendamlah saputangan-saputangan tersebut dengan larutan garam yang encer (1/2 sendok makan untuk satu liter air) selama lebih kurang satu jam. Untuk saputangan yang putih sebaiknya dipergunakan sedikit borax (semacam garam halus dan dapat dibeli di apotik dengan harga yang murah) yang diseduh dengan air panas. Rendamlah saputangan tersebut dalam air larutan borax yang hangat ini, selama 1/2 jam, baru dicuci dengan cara biasa.

 Cara mencuci baju mandi

Biasanya orang hanya memeras dan menjemur saja baju renang yang telah dipakai untuk berenang. Mereka anggap baju mandinya bersih. Ini adalah pandangan yang keliru. Baju mandi setelah dipakai seharusnya dicuci sebagaimana pakaian lainnya.

 Cara mencuci pita sutera

Untuk mencuci pita sutera yang halus pergunakan bir. Selain ia berfungsi sebagai kanji untuk mengeraskan, bir ini juga dapat untuk mempertahankan mengkilatnya sutera. Sebelum pita ini dimasukkan ke dalam bir, dicuci bersih dengan sabun wangi atau boleh juga sabun mandi terlebih dahulu.

Cara Mencuci Pakaian Yang Benar dan Tips Merawat Pakaian



Tips supaya pakaian jangan kuning

Pakaian yang berwarna putih, bila ditaruh di lemari terlalu lama akan mengakibatkan timbulnya flek-flek kuning. Lapisilah bagian dalam lemari anda dengan kertas yang berwarna hitam. Dengan cara ini pakaian putih anda tidak akan menjadi kuning-kuning bila disimpan di dalamnya.

Tips agar pakaian tidak berbau apek

Pakaian yang jarang dipakai dan lama disimpan di dalam lemari seringkali berbau apek. Bau yang tidak sedap ini dapat dihilangkan bila pakaian tersebut diangin-anginkan beberapa lama. Pakaian yang terbuat dari wol yang berbau seperti ini, baunya dapat dihilangkan dengan menaruh sepotong arang di dalam pakaian tersebut.

 Tips memilih pakaian

Jika kebetulan pembaca seorang yang bertubuh agak gemuk, maka di bawah ini adalah nasihat untuk anda dalam memilih dan membuat pakaian. Memilih pakaian yang tepat penting sekali. Pakaian dapat memberi penglihatan langsing bagi orang yang agak gemuk. Orang yang agak gemuk agar kelihatan tubuhnya langsing haruslah memilih warna pakaian yang tua, seperti hijau tua, biru tua, merah tua, coklat tua dan sebagainya. Cila (bahan pakaian) pilih yang lemas, begitupun. jika membuat pakaian yang ada strip-strip, ambillah stripnya yang berdiri.

 Tips untuk pakaian yang ciut (kekecilan)

Bahan pakaian yang harganya agak murah seringkali ciut setelah dicuci. Lebih-lebih lagi, setelah dijahit kemudian dicuci, menjadi kekecilan atau tidak pas lagi menurut ukuran anda. Hal ini dapat dihindari bila bahan pakaian tersebut, sebelum dijahit direndam dulu. Tapi sayangnya ketika menjemurnya kemudian banyak yang salah melakukannya.

Cara yang benar adalah sebagai berikut:

Rendamlah bahan pakaian anda pada malam hari, kemudian keesokan harinya jemur. Waktu menjemurnya biasanya kita lakukan dengan cara menarik (merentangkan) di kawat jemuran. Bila nanti bahan pakaian anda kering, maka bagian pinggiran bahan pakaian anda menjadi tidak rata dan akan menyulitkan bagi anda waktu memotongnya.
Cara yang benar ialah, waktu menjemurnya bahan pakaian tersebut dibiarkan berkerut (rimpelen) sedikit di kawat jemuran dan nanti setelah kering baru diseterika. Nanti dengan mudah anda dapat memotongnya.

Tips menyimpan pakaian

Pakaian anda yang jarang dipakai biasanya diletakkan pada tumpukan yang paling bawah. Dalam musim dingin pakaian ini akan berbau kurang sedap dan kadang-kadang malahan bisa. jamuran (bulukan). Untuk menghindari hal ini sekali-kali keluarkanlah pakaian-pakaian tersebut dan angin-anginkan sebentar.

Mencuci pakaian kadang-kadang merupakan kegiatan yang dilakukan hampir setiap hari oleh ibu rumah tangga ataupun pembantu rumah tangga. Dengan artikel tentang Cara Mencuci Pakaian Yang Benar dan Tips Merawat Pakaian yang saya bagi mungkin dapat membantu Anda dalam kegiatan mencuci dan merawat pakaian Anda. Terimakasih.
0 Komentar untuk " Cara Mencuci Pakaian Yang Benar dan Tips Merawat Pakaian "


Back To Top