Cara Mengobati Berbagai Macam Penyakit Ringan Dengan Obat Tradisional

 Dalam kehidupan kita dan keluarga sehari-hari pasti pernah terkena berbagai macam penyakit ringan, seperti pilek, batuk, susah tidur, dan lain-lain. Kali ini saya akan bebagi cara mengobati berbagai macam penyakit ringan dengan obat tradisional yang mungkin akan berguna untuk Anda. Cara-cara ini diwariskan dari jaman nenek saya, dan di keluarga saya pun masih sering menggunakannya.

Cara Mengobati Berbagai Macam Penyakit Ringan Dengan Obat Tradisional 

Cara Mengobati batuk dan pilek



 Cara mengobati pilek pada anak-anak

Anak kecil yang terserang pilek dapat ditolong dengan air rebusan daun selederi. Berilah 2-3 cangkir sehari air rebusan daun selederi, penyakit pilek anak anda terutama yang masih baru, kebanyakan dapat tertolong dengan tidak usai mengeluarkan uang banyak-banyak untuk berobat ke dokter. Jika anda memakai selederi untuk memasak, tinggalkan sedikit batang berikut akarnya dan tanamlah. Sewaktu-waktu jika anda memerlukan lagi, dapat memetiknya.

  Guna jeruk nipis

Pada musim panas, minum air jeruk nipis bukan saja dapat menghilangkan rasa haus, tetapi juga dapat mencegah beberapa jenis penyakit seperti pilek dan batuk-batuk. Penyakit batuk dan sekaligus dibarengi oleh serak parau juga dapat diobati dengan jeruk nipis. Ambillah sepotong jeruk nipis lalu pulas dengan kapur sirih dan sedikit garam lalu panggang sampai air jeruknya mendidih. Peras air jeruk ini dan minum ketika masih hangat. Lakukanlah seperti ini tiga kali sehari sampai sakitnya sembuh.
Air jeruk nipis yang dicampur dengan air kopi adalah obat untuk menghilangkan sakit kepala. Bagi penderita cacar adalah baik sekali bila minum air perasan jeruk nipis.

 Obat alami untuk penyakit batuk

Bila kebetulan anak Anda menderita sakit batuk atau pilek, cobalah beri madu 1 sendok makan. dicampur dengan air teh ½ cangkir dan minumkan tiga kali sehari. Bila penyakitnya belum berlarut, biasanya sembuh dengan obat ini. uga kecap manis dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit batuk pada anak-anak yang masih baru. Dosisnya ialah 3 kali 1 sendok makan sehari.

Mengobati bengkak dengan cara alami



 Menyembuhkan bengkak

Ada beberapa hal yang menyebabkan orang menjadi bengkak. Daging yang mumbul di bawah kulit dan sakit rasanya serta berwarna merah, bisa disebabkan dari keseleo (terkilir) atau disengat lebah. Obat untuk menyembuhkan (mengempeskan) bengkak ini mudah saja.
Ambillah satu sendok makan wijen lalu tumbuk sampai halus. Sepotong roti tawar kita rendam dengan air panas dan remas-remas sehingga menjadi semacam bubur lalu kita rendam dengan wijen yang telah ditumbuk halus tadi. Hangat-hangat ditempatkan pada bengkak yang disebabkan oleh sengatan le¬bah (tawon).

Cara menghilangkan rasa bengkak

Apabila jari tangan toengkak (seperti mau cantengan) terlebih dahulu ujung kuku digunting. Kemudian jari yang sakit direndam dalam air garam yang hangat. Ini dilakukan 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore. Pasti tangan anda akan sembuh.

 Cara mengobati terkena sengat binatang berbisa

Bila anda atau keluarga anda disengat binatang berbisa seperti tawon, kalajengking, semut dan lain sebagainya, maka cepat-cepatlah bagian yang kena sengat tersebut disiram dengan air kencing (air seni). Rasa sakit dan bengkak akibat sengatan itu akan hilang.

Cara mengobati penyakit seputar tidur



 Tidur berkeringat

Banyak orang yang waktu tidur sekujur badannya basah dengan keringat. Bagi anda yang menderita hal semacam ini, ada beberapa petunjuk-petunjuknya.
Pertama-tama harus diusahakan agar hawa udara di dalam kamar tidur anda selalu segar, yakni hawa udara dapat masuk dan keluar dengan baik, tentu saja jendela-jendela kamar jangan ditutup rapat. Ada juga baiknya sebelum tidur minum dulu susu hangat dengan atau tanpa dicampur cognac atau kalau ada boleh minum sedikit anggur merah.

 Cara megobati penyakit berjalan waktu tidur

Ada orang, entah anak kita atau saudara kita, yang ka¬lau sedang tidur nyenyak suka bangun dan dengan mata yang masih tertutup suka jalan-jalan di dalam rumah. Apakah ini merupakan semacam penyakit kami belum mengetahuinya.
Bagi penderita “penyakit” semacam ini, ada. baiknya di depan tempat tidurnya diletakkan karung basah. Jika ia bangun dari tidur kakinya akan menyentuh karung basah tersebut maka ia akan sadar.

 Cara menghilangkan kebiasaan susah tidur

Biasanya kalau pada siang atau sore hari kita makan makanan-makanan yang keras dan sukar dicernakan, maka pada malam harinya kita susah tidur. Di samping ini masih ada sebab-sebab lain yang membuat kita susah tidur, tapi asal saja bukan karena menderita penyakit bagian syaraf, ikutilah petunjuk-petunjuk di bawah ini:

Cara yang paling mudah ialah menghitung napas kita. Sekali napas anda hitung satu, kemudian napas berikutnya dua, tiga dan seterusnya sampai anda pulas tertidur.
Cara lainnya yang juga manjur ialah dengan meletakkan handuk yang agak basah di bawah kepala anda.

Bila susah tidur, ini seringkali terjadi, sebaiknya di siang hari jangan tidur tapi bekerja apa saja yang melelahkan. Juga sebelum pergi tidur; kedua belah kaki direndam dalam air hangat terlebih dahulu untuk beberapa waktu. Pantangan bagi yang sulit tidur di waktu malam : jangan minum teh atau kopi dan minuman keras.

 Anak yang suka ngompol

Anak yang suka ngompol sebaiknya jangan diberi minum terlalu banyak terutama pada sore dan malam hari. Sebelum pergi tidur usahakanlah agar ia kencing terlebih dahulu. Salah satu cara yang telah dicoba oleh beberapa orang dan berhasil ialah dengan menidurkan anak yang suka ngompol tanpa bantal kepala dan kaki ditinggikan sehingga lebih tinggi dari kepala.

Cara mengobati penyakit seputar kulit



Cara mengobati biang keringat

Hawa yang panas seringkali juga bisa menyebabkan tubuh anak-anak kecil dan bayi berbintik-bintik merah yang lazim disebut biang keringat (rode hond). Bagaimana mengobatinya? Mudah saja.
Pakailah bedak dingin yang dibeli di toko dan cairkan dengan eau de cologne. Gosokkan/sapukanlah cairan ini ke tubuh anak Anda yang banyak berbintik merah dan kipasilah sampai cairan tersebut kering di badan. Pakaikanlah dua kali dalam sehari. Biang keringat (keringat buntet) bila belum juga mau hilang, boleh dipakaikan 3-4 kali dalam sehari.

Obat anti nyamuk

Untuk menghalau nyamuk biasa dipergunakan obat nyamuk bakar atau obat nyamuk semprot (DDT.). Tapi nyamuk juga tidak suka dengan cara ini, maka dipergunakan obat anti nyamuk yang digosokkan pada kulit sehingga nyamuk-nyamuk tidak berani mendekat apalagi menggigit kulit.
Bila anda tidak mempunyai obat nyamuk ini, dapat anda pergunakan baby oil dan inilah yang terbaik sebetulnya karena baby oil tidak mengganggu kulit terutama kulit yang peka terhadap obat-obat yang keras.

Cara mengobati badan gatal

Apabila badan anda terasa gatal-gatal, baiknya anda ambil kulit jeruk nipis dan gosok-gosokkan pada kulit yang gatal tersebut. Bilamana gatalnya keras sekali hingga menimbulkan tanda merah-merah anda boleh gosokkan dengan salieylspiritus yang dapat anda beli di apotik-apotik.

Cara mengobati luka tersayat pisau

Bila jari atau tangan anda terluka kena pisau atau lain sebagainya dan lukanya agak dalam, biasanya mengeluarkan darah banyak dan sukar berhentinya.
Ambil sedikit kapas dan celupkan ke dalam air panas dan tempelkan pada luka tersebut. Maka darah akan berhenti keluar dengan seketika, kemudian baru boleh diberi obat dan dibebat. Bila lukanya besar sebaiknya dibawa ke dokter atau ke rumah sakit.
0 Komentar untuk " Cara Mengobati Berbagai Macam Penyakit Ringan Dengan Obat Tradisional "


Back To Top