Cara Mengolah Telur Dan Tips Seputar Membuat Kue

Cara mengolah telur dan tips seputar membuat kue dengan mudah-Selamat siang sahabat, kali ini kita akan membahas cara mengolah telur dan tips seputar membuat kue. Anda pasti sudah sangat akrab dengan kue bukan? makanan yang satu ini banyak sekali jenisnya yang pada umumnya mempunyai rasa manis, asin atau gurih. Ada sedikit tips seputar membuat kue yang akan saya bagi disini. Sebagai bahan dasar kue, sudah banyak yang menggunakan telur. Disini kita juga akan berbagi cara mengolah telur yang mungkin dapat membantu Anda saat mengolah telur untuk olahan apa saja. Mari kita simak artikel berikut ini.

Cara mengolah telur dan tips seputar membuat kue


Cara mengolah telur

  • Supaya telur tetap segar

Ambillah minyak goreng sedikit dan gosokkanlah seluruh kulit telur.

  • Cara menyimpan kuning telur

Kadang-kadang telur hanya dipakai putihnya saja. Supaya kuningnya tak rusak, jika tak segera dipakai perbuatlah sebagai berikut:
Lubangilah telur di dua tempat atas dan bawah dengan breipen (alat untuk merajut) lalu keluarkan putih telurnya dari satu antara 2 lubang tersebut. Kuning telur disimpan dikulit telur dapat tahan beberapa hari.
Lain cara yaitu kuning telur ditaruh di mangkok, lalu tuangi air dingin sampai kuning telurnya terendam sama sekali. Esoknya, jika telurnya belum perlu dipakai gantilah air rendaman dengan air baru.

  • Sudah matangkah telur?

Bagaimana menerka telur yang sudah matang atau belum? Taruhlah telur ke sisi, putarlah dengan cepat. Kalau telur berputar dengan rata dan tenang berarti telah masak, kalau telur berputar dengan goyangnya berarti telurnya masih mentah.

  • Cara membersihkan telur

Jika telur disajikan dengan kulitnya yang kelihatan kator, kelihatannya kurang rapih. Untuk membersihkannya gosoklah dengan jeruk nipis.

  • Cara mengambil putih telur

Kadang-kadang untuk membuat kue atau ice cream kita hanya membutuhkan kuning atau putih telur saja. Biasanya kita banyak membuang tempo untuk memisahkan putih telur dari kuningnya. Bilamana esok atau lusa anda akan memisahkan kuning telur dari putihnya, lakukanlah dengan cara sebagai berikut

Ambillah sebuah corong plastik yang dari logam juga boleh, kalau ada yang ujungnya kecil saja. Taruh corong ini pada sebuah gelas lalu pecahkan telurnya. Putih telur akan dengan sendirinya keluar melalui corong ini dan masuk ke dalam gelas. Bilamana putihnya sudah keluar (turun) semua, pindahkanlah kuning telurnya ke tempat lain. Begitu seterusnya, sampai telur yang akan dipisahkan habis

Cara lainnya yang juga mudah ialah dengan cara mendinginkan terlebih dulu telur yang akan dipisahkan putih dari kuningnya. Bila telur sudah dingin pecahkan dan taruh dalam mangkuk, kuningnya dapat dengan mudah diangkat dan putihnya akan tetap tinggal dalam mangkuk. Bila putih telur yang anda butuhkan, maka sebelum dikopiok harus didiamkan dulu sebentar, karena putih telur yang dingin kurang baik hasilnya bila dikopiok.

  • Cara menangani telur yang retak

Kalau kita beli banyak telur, sesampainya di rumah kadang-kadang ada satu dua butir yang retak (hampir pecah). Kalau hari itu juga akan kita pakai beberapa butir, sudah tentu kita pakai dulu yang retak.
Tapi kalau yang retak banyak, sedang kita tidak pakai pada hari itu, telur yang retak masih dapat disimpan dan tahan seperti telur yang baik, bilamana pada bagian yang retak kita tempeli cellophane tape.

  • Cara menghilangkan bau amis pada telur bebek

Sudah menjadi kebiasaan pada waktu menjelang hari raya, harga telur meningkat bukan main tingginya. Tapi bagi anda kiranya mulai dari sekarang tidak perlu menghiraukan lagi telur ayam. Telur itik dapat anda gunakan sebagai penggantinya. Memang telur itik (telur bebek) berbau anyir (amis). Tapi anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk menghilangkan bau anyir pada telur bebek. Ikutilah petunjuk di bawah ini :
Pecahkan telur bebek dan taruh di dalam mangkok atau piring. Pada bagian kuningnya terdapat semacam bintik berwarna putih. Keluarkanlah bintik ini karena inilah sebetulnya “biang keladi” daripada bau anyir pada telur bebek Jika bintik ini sudah dikeluarkan, maka telur bebek ini tidak berbeda dengan telur ayam.

  • Cara mengopiok putih telur

Supaya putih telur lekas putih berbusa, bubuhilah sedikit bakpoeder, waktu mengopioknya. Begitupun kalau mengopiok putih telur harus di tempat yang kering, sedikitpun tak boleh yang mengandung air.

Jika Anda membuat kue yang mempergunakan putih telur, untuk dapatkan hasil yang baik dengan volume putih telur yang lebih banyak, setelah dikopiok bubuhilah sedikit cream of tartar dalam putih telur tersebut.

Jika Anda kebetulan tidak punya cream of tartar, sebagai penggantinya dapat dipakai cuka. Untuk sepuluh putih telur berilah sendok teh cuka dapur.

Mengopiok putih telur supaya bisa bagus berbusa dan kental, berilah sedikit gula pasir kasar waktu mengopioknya. Untuk 1 butir telur ayam berilah 1 sendok makan gula pasir. Juga harus diperhatikan hendaknya putih telur jangan dikopiok sebelum tiba waktunya untuk dipergunakan. Kalau tidak, maka putih telur yang sudah dikopiok terlebih dulu akan menjadi cair dan kurang baik untuk membuat kue.

  • Merebus telur


Telur yang masih segar bila direbus, setelah matang sulit mengupas kulitnya dan biasanya putih telurnya ikut bersama kulitnya dan telur rebus anda menjadi bopeng. Maka jika anda membuat gado-gado atau salada dan lain sebagainya yang menggunakan telur rebus, pergunakanlah telur yang umurnya sudah 3 atau 4 hari.

  • Cara mengolah telur dadar


Lain kali bila mendadar telur, bubuhilah sedikit tepung terigu yang terlebih dulu telah dicairkan dengan sedikit air. Telur dadar anda akan lebih baik dan lebih mantap di makannya.

  • Cara memotong telur rebus dengan benar


Anda barangkali pernah jengkel ketika telur rebus yang anda potong-potong untuk menghias masakan menjadi ’’berantakan” ;
Untuk mendapatkan hasil yang baik, potong-potonglah telur rebus anda dengan mempergunakan seutas benang jahit. Ikatlah salah satu ujung benang pada paku di tembok atau di tempat lain yang tidak bergerak dan ujung lainnya ditarik sehingga benang menjadi tegang. Keratkanlah pada telur rebus di bagian yang hendak dipotong. Telur-telur rebus anda akan baik kelihatannya.

  • Cara menyimpan telur dengan benar


Ada satu cara untuk menyimpan telur ayam/bebek anda supaya tidak lekas busuk, yakni membenamkannya di dalam tempat beras anda. Telur yang disimpan di dalam beras akan tahan selama sebulan.

  • Kocokan telur listrik


Bila anda membeli kocokan telur listrik, biasanya dalam set tersebut terdapat juga alat untuk mengaduk adonan kue. Untuk menghindarkan supaya adonan kue tidak melekat pada kocokan rendamlah besi kocokan/adukan tersebut ke dalam air panas sebentar, sesaat sebelum dipergunakan, maka adonan tidak melekat pada besi adukan tersebut.

Tips seputar membuat kue


  •  Kue melekat pada loyang

Bagaimana memanggang cake dalam loyang supaya mudah dikeluarkan dari loyangnya? Letakkanlah kertas minyak atau kertas roti pada dasar loyang. Maka cake tersebut akan mudah dikeluarkan bila sudah matang.
Kadang-kadang kue sukar dikeluarkan dari loyangnya. Jangan ibu coba-coba keluarkan dengan menggunakan pisau karena kemungkinan besar kue ibu akan menjadi rusak. Cara yang baik ialah dengan menaruh loyang yang berisi kue tersebut di atas selembar serbet yang telah dibasahkan. Tunggu untuk beberapa saat dan nanti kue dengan mudah dapat dikeluarkan.

  • Loyang kue

Jika anda membuat kue bolu, taart dan lain sebagainya dengan menggunakan loyang dan akan membuat beberapa kali, sering-sering celupkanlah loyang-loyang tersebut ke dalam air panas. Cetakan atau loyang kue anda akan selalu bersih, dan adonan kue tidak melekat pada pinggir-pinggir atau bagian dalam loyang.

  • Supaya kue tak kering

Kue (taart atau cake) jika disimpan lama agak kering. Untuk mencegah hal ini, taruhlah kue Anda di tempat, penyimpan kue (broodtrommel) letakkanlah juga sepotong roti tawar atau sepotong buah apel, kue Anda akan tetap empuk.

  • Memanggang kue

Kalau kita membuat kue taart, kuenya kita panggang lebih dahulu. Kadang-kadang bagian atasnya sudah kuning, tetapi bagian dalamnya masih mentah. Bila anda menemui hal semacam ini, tandanya bahwa api terlalu besar, maka dari itu kecilkan apinya sedikit.

  • Membuat pastel

Banyak orang yang mendapat kesulitan dalam membuat pastel karena tidak dapat membuat pinggirnya.
Membuat pinggiran pastel dapat dicarikan jalan lain yakni dengan menggunakan ujung sendok teh. Setelah pastel ditutup dan bagian pinggirnya dirapatkan, tekan-tekanlah dengan ujung sendok teh dengan jarak 3 mm.


Tips-tips tersebut diwariskan secara turun temurun dari jaman nenek kami. Bagi Anda yang suka membuat kue semoga Cara mengolah telur dan tips seputar membuat kue tersebut dapat membantu Anda. Terimakasih.
0 Komentar untuk " Cara Mengolah Telur Dan Tips Seputar Membuat Kue "


Back To Top