Cara Praktis Membersihkan Perabotan Rumah Tangga

Halo apa kabar sahabat tipsunikibu.com? Di dalam rumah kita tentu mempunyai banyak perabotan rumah tangga yang untuk membantu segala kegiatan dalam keluarga ataupun hanya sebagai hiasan dirumah. Nah, kali ini saya akan berbagi cara membersihkan perbotan rumah tangga dengan cara tradisional yang saya juga menggunakan cara-cara tersebut sampai saat ini. Mari kita simak informasi berikut ini;


 Cara membersihkan barang-barang dari perak


Anda habis merebus kentang, janganlah dibuang airnya. Jika Anda ada perkakas perak yang kurang mengkilap, masukkanlah perkakas-perkakas perak tersebut di dalam air kentang yang masih panas, biarkanlah kira-kira 10 menit, keringkan, lalu gosok dengan lap flanel. Perkakas Anda akan mengkilap pula.

Susu yang asam, dimasak tentu menggumpal kecil-kecil. Susu yang demikian tentu tidak kita minum, tetapi juga janganlah dibuang. Jika Anda ada barang-barang yang terbuat dari perak, seperti sendok, garpu, gelas dan lain sebagainya, dapat dibersihkan dengan susu yang rusak itu. Masaklah perabot-perabot yang terbuat dari perak dengan susu asam, lalu gosok-gosok.

Cuci bersih dengan air, lalu gosok dengan lap flanel. Barang-barang tersebut akan kembali bercahaya dan berkilap seperti baru. Abu bekas rokok atau cerutu di dalam asbak jangan dibuang. Masih ada gunanya. Abu rokok dapat dipakai untuk membersihkan barang-barang dari perak. Gosoklah perabotan anda dengan abu rokok, maka akan mengkilap kembali.

Cara membersihkan alat-alat aluminum

Barang-barang dari aluminium seperti sendok garpu, panci-panci yang sudah lama tidak terpakai, kelihatan tidak bercahaya lagi. Untuk membersihkannya dan membuatnya seperti baru, pergunakanlah kaliloog (dapat dibeli di apotik secara bebas atau di toko bahan-bahan kimia). Caranya adalah sebagai berikut

Ambillah sepotong lap kecil yang bersih, basahkanlah dengan larutan kaliloog lalu gosokkan kepada barang-barang tersebut. Hasilnya akan dapat anda lihat nanti, barang-barang tersebut akan mengkilap bagaikan baru.

Alat-alat dapur yang terbuat daripada aluminium, kalau kotor hendaknya jangan dibersihkan dengan soda karena akan menipiskan aluminium tersebut. Hangus pada dasar panci aluminium dapat dihilangkan dengan cara menggodoknya dengan air selama beberapa waktu.

Cara membersihkan Vacuum cleaner

Vacuum cleaner (alat untuk menyedot debu) yang sudah lama dipakai seringkali akan bersuara berisik, ini tandanya supaya bagian-bagian yang berputar diberi minyak. Pula harus diperhatikan bahwa kantung tempat sampah dan kotoran-kotoran hendaknya sering-sering dibersihkan tapi sekali-kali tidak boleh dicuci karena akibatnya kantung-kantung tersebut .berlubang-lubang kecil, sehingga mengurangi daya sedotnya.

Cara membersihkan barang dari kuningan

Barang dari kuningan yang telah menjadi kotor dapat dibersihkan kembali dengan menggosoknya dengan larutan cuka dan garam.

Cara membersihkan barang logam yang diverkrum

Untuk membersihkan barang-barang logam yang diverkrum, pergunakanlah bubuk soda kue.Taburkanlah soda kue (natrium bicarbonat) pada benda-benda tersebut lalu gosok dengan lap yang kering dan kalau ada dengan lap flanel. Barang-barang tadi yang semula tidak bercahaya akan kembali mengkilap seperti baru.

 Cara membersihkan perkakas tembaga

Gosoklah barang tembaga tadi dengan garam dan air jeruk atau cuka. Kalau noda-noda itu belum juga hilang cobalah basahkan sepotong kain dengan sedikit amoniak, campur dengan air, lalu secepat mungkin digosokkan pada barang tembaga itu, barulah diselesaikan dengan menggosoknya dengan obat gosok tembaga.

Cara membersihkan kaca

Kaca jendela yang sering guram waktu cuaca dingin. hendaknya digosok kacanya dengan larutan air dan glycerine yang sama banyaknya. Sebagai pembersih kaca, kertas koran ternyata baik sekali. Kaca jendela anda yang kotor misalnya dapat dibersihkan dengan kertas koran yang telah dikepal-kepalkan sehingga menyerupai bola. Gosoklah kaca itu dengan ”bola” kertas koran berkali-kali dan kaca anda akan jernih bersih lagi seperti semula.

Membuat kaca supaya jangan guram

Kaca jendela maupun kaca mobil anda supaya kelihatan selalu jernih dan tidak guram, Gosokkanlah dengan glycerine yang sudah dicampur dengan spiritus bakar. Campurkanlah 30 cc glycerine dengan 1 botol spiritus lalu kocok dan gosokkan pada kaca jendela maupun kaca mobil di bagian luar dan bagian dalamnya.Setelah kering gosoklah dengan flanel. Lakukanlah hal ini seminggu sekali.

Cara membersihkan marmer

Marmer dapat dibersihkan dengan larutan detergent yang telah diencerkan dengan air hangat. Gosokkan larutan ini dengan menggunakan lap. Biarkan detergent pada marmer untuk beberapa waktu sampai kering dengan sendirinya. Ambillah sepotong lap lain yang bersih dan kering lalu gosoklah marmer tersebut hingga bersih.Bila anda ingin marmer anda mengkilap, pergunakanlah polls untuk meubel sebagai kerja terakhirnya.

Cara membersihkan porselen

Barang-barang yang terbuat daripada porselen banyak terdapat dalam rumah tangga misalnya wasbak, tegel di kamar mandi dan lain sebagainya. Barang-barang dari porselen yang sudah lama dipakai akan menjadi kuning dan kemudian bisa juga menjadi hitam.Untuk membersihkan porselen janganlah pergunakan air dingin, tetapi pakailah air panas dan sabun lalu digosok-gosok dan kemudian baru keringkan dengan lap.

Bila porselen telah menjadi kuning, dengan mudah dapat dibuat putih kembali dengan menggunakan asam belerang (zwavelzuur) yang telah diencerkan dengan air. Pergunakanlah kwas yang biasa dipergunakan untuk mencat, dan poleskanlah larutan zwavelzuur tadi pada porselen yang kuning dan diamkanlah. Kira-kira setengah jam kemudian dengan abu gosok yang kering dan halus kita bersihkan porselen tersebut, baru terakhir dengan mempergunakan air.

Ada juga gelas kopi yang terbuat dari porselen yang sudah lama dipakai dan telah menjadi hitam di bagian dalamnya. Untuk membersihkannya, rendamlah gelas porselen tersebut di dalam larutan soda yang agak keras dan panas. Tinggalkan gelas kopi porselen tersebut di dalam larutan tersebut selama 4-5 jam kemudian digosok-gosok dengan larutan tersebut toaru akhirnya kita cuci dengan sabun dan air. Gelas kopi anda akan bersih dan putih kembali.

Cara menghilangkan cacat pada barang porselen

Di dalam rumah biasanya banyak terdapat barang-barang/alat-alat yang terbuat dari porselen. Sayangnya, barang-barang ini mudah cacat dan kemudian bagian yang cacat akan terkena bintik hitam sehingga jelek dilihatnya.
Barang-barang dari porselen anda yang cacat sedikit, segeralah beri/tutupi dengan cat kuku (cutex) yang putih. Dengan cara ini barang-barang porselen anda tetap baik dan pada bagian yang cacat tidak akan terkena debu yang bisa membuat bintik-bintik hitam.

Cara mencuci tikar

Tidak saja di kampung-kampung, tetapi di rumah-rumah bagus di kota tikar masih dipergunakan. Dan tikar yang sudah lama dipakai tentu akan kotor. Untuk membersihkan dan mendapatkan hasil yang memuaskan, sikatlah tikar yang kotor tersebut dengan air panas yang sudah dicampur dengan garam. Tikar tersebut akan menjadi bersih dan lemas.

Tips membuat lantai tidak licin

Lantai tegel atau teraso di rumah Anda yang licin, dapat dibuat tidak licin dengan memberi larutan minyak tanah dan cuka.Campurkanlah satu bagian cuka dapur dengan minyak tanah, lalu kocok sampai tercampur betul.Kemudian ambil sepotong lap dan laburkan pada lantai Anda secukupnya saja.

Kursi-kursi ringan

Bila Anda mempunyai anak yang baru dapat berjalan, kesukaan anak tersebut ialah berjalan dengan menggunakan kursi. Maka kalau Anda di rumah punya kursi-kursi yang ringan yang terbuat daripada pipa listrik, hendaknya kaki-kaki kursi tersebut diberi "sepatu" yang terbuat dari karet. Hal ini untuk mencegah kursi tersebut meluncur ketika didorong yang dapat membuat anak Anda terjatuh.

Cara membersihkan kotoran pada perabot rumah yang terbuat dari kayu

Pada alat-alat rumah tangga (meubel) yang terbuat dari kayu dan berpolitur yang telah lama dipakai, akan timbul noda-noda kotoran.Noda-noda kotoran ini jangan dicuci dengan sabun sebab dengan demikian politur pada meubel tersebut akan menjadi suram dan tidak bercahaya lagi.
Untuk membersihkan noda-noda kotoran tersebut pergunakanlah larutan salmiak (dapat dibeli di apotik). Gosok-gosokkanlah larutan salmiak tersebut pada noda-noda kotoran sehingga bersih dengan mempergunakan lap yang halus atau singlet yang sudah tak terpakai.

Cara membersihkan barang-barang yang dicat

Membersihkan barang-barang dalam rumah tangga yang sudah dicat, janganlah bagian catnya dibersihkan dengan alat yang keras atau kasar. Bersihkanlah dengan kain lap halus dan air sabun yang baik dan encer-encer saja, kemudian beri cream untuk meubel. Cara ini juga dipakai untuk membersihkan lukisan cat minyak.

Cara menghilangkan vlek-vlek pada meja makan kayu

Meja makan yang terbuat dari kayu dan berpolitur, jika kena mangkuk yang panas, akan meninggalkan vlek-vlek berwarna putih dan sudah tentu tidak sedap dilihat.Supaya meja makan kayu anda tetap baik dan mengkilap politurnya, hendaknya jika meletakkan mangkuk panas pada meja diberi tatakan kertas koran atau sebilah papan kecil jika anda tidak punya tatakan khusus untuk mangkuk.

Vlek-vlek putih pada meja dapat dihilangkan dengan menggosokkan abu cerutu pada vlek-vlek tadi. Gosoklah berulang-ulang sampai warna putihnya hilang. Meja makan atau meja tulis anda yang terbuat dari kayu jati jika tergores oleh benda yang keras akan meninggalkan tanda goresan putih dan jadilah meja anda cacat.

Cacat putih pada meja kayu ini dapat dihilangkan dengan mempergunakan semir sepatu warna coklat.Ambillah sedikit semir sepatu dengan telunjuk anda lalu poleskan pada tanda goresan putih sampai semuanya tertutup lalu biarkan semalaman supaya semirnya menyerap betul pada kayu. Keesokan harinya baru dilap untuk membuang semir yang kelebihan. Selanjutnya di polish selama beberapa kali sampai tanda putih tersebut tidak nampak lagi.

Tips membuat perhiasan rumah mengkilat

Agar perhiasan-perhiasan rumah anda (misalnya patung atau ukiran yang terbuat dari kayu) menjadi mengkilat lagi, panaskanlah obat yang akan dipakai untuk menggosoknya di dalam air mendidih untuk beberapa menit, karena dengan obat gosok yang hangat, kayu-kayu dapat lebih cepat menghisap dan mengerjakan proses mengkilatnya.

Perabotan rumah tangga akan lebih awet jika kita mau merawatnya. Cara-cara yang saya gunakan adalah cara tradisional yang mungkin mempunyai banyak kekurangan. Tetapi, harapan saya akan bisa membantu Anda untuk membersihkan perabotan rumah tangga Anda. Terimakasih.
0 Komentar untuk " Cara Praktis Membersihkan Perabotan Rumah Tangga "


Back To Top