Tips Cara Memasak Untuk Ibu Rumah Tangga

 Banyak tips dan cara seputar memasak yang akan membantu memudahkan ibu-ibu dalam memasak. Mungkin di dalam proses memasak ibu-ibu menemukan sedikit kendala dan permasalahan, kali ini akan saya sajikan beberapa tips cara memasak secara tradisional yang diwariskan secara turun temurun. Semoga dengan artikel yang saya bagi dapat membantu Anda, mari kita simak artikel berikut ini.

Tips Cara Memasak Untuk Ibu Rumah Tangga


Cara memasak nasi putih bersih


Anda lebih senang nasi anda menjadi putih bersih dan tidak menjadi butir kelompok?
Sebelum memasak nasi, berilah satu sendok air jeruk ke dalam air yang akan dimasak dengan beras.

    Kerak nasi jangan dibuang


Ada dua macam cara menanak (masak) nasi:
1. Dikukus  
2. Diliwet

Aturan ke-1 lebih berabe dan waktu memasaknya lebih lama dari pada aturan No. 2, tetapi biarpun demikian kebanyakan orang menanak nasinya secara dikukus, karena tak berkerak.
Aturan ke-2 sebetulnya lebih mudah dan cepat matangnya, dan lagi nasinya lebih enak dan pulen rasanya, tetapi sayang jika nasi diliwet keluar keraknya. Ini sebetulnya tak menjadikan soal.

Janganlah dibuang keraknya, kerak akan menjadi nasi pula. Nasi jika sudah matang diangkat dari api, dibiarkan kira-kira 10 menit, lalu ambil nasinya, sendoki yang bersih sehingga tinggal keraknya saja, lalu angkat keraknya. Simpan ini baik-baik.

Waktu sore jika Anda akan menanak nasi lagi masukkan kerak tersebut di panci bersama-sama dengan beras. Jika sudah mendidih aduk-aduk, api agak dikecilkan, jika airnya sudah asal (kering), aduk-aduk lagi, kerak tentu tercampur dengan beras, masak terus dengan api kecil sampai matang (kira-kira 2 jam). Nasi akan tetap biasa, sedikitpun tak kelihatan bekas kerak.

Cara menggunakan Alat Rumah Tangga sebagai takaran

Untuk membuat kue atau masakan, kadang-kadang kita perlu takaran. Untuk itu kita biasanya pergunakan gelas pengukur. Tentu saja bila anda sering masak atau bikin kue alat ini perlu anda miliki. Tapi bila kadang-kadang saja anda bikin kue, untuk mengukur atau menimbang dapat anda pergunakan alat-alat di dapur:

  • 1 sendok makan = 10 cc.
  • 1 sendok teh = 3 cc.
  • 1 gelas minum = 250 cc.
  • 1 cangkir terigu = 1 ons.
  • 1 cangkir mentega = 2 ons.
  • 1 cangkir gula pasir = 2 ons.

Tangan yang panas kena cabai

Untuk membuat sambal goreng atau lain sebagainya, biasa digunakan banyak cabai merah. Kadangkala sehabis mengerjakan cabai-cabai merah ini, tangan lalu terasa panas.
Bila anda cuci dengan sabun .biasanya tidak mudah hilang rasa panasnya. Caranya untuk menghilangkan rasa panas karena cabai ialah dengan cara menggosokkan tangan anda dengan garam, lalu panaskan sebentar di atas api, baru kemudian dicuci dengan sabun. Panas pada tangan anda akan segera lenyap.

Jika anda banyak harus mengeluarkan biji cabai, maka tangan anda seringkali terasa panas: Jangan cepat-cepat mencuci tangan anda yang panas ini, tetapi gosok-gosoklah dulu dengan garam dan kemudian pangganglah sebentar di atas api, baru cuci dengan air dan sabun. Rasa panas akan segera lenyap.

 Sup yang banyak berlemak

Jika anda masak sup dan anda tidak suka makan lemak, maka anda membuang lemak-lemak yang terapung pada permukaan sup anda.
Biasanya anda membuang bulatan-bulatan lemah tersebut dengan sendok, bukan? Cara ini kurang cepat dan tidak efisien. Lain kali untuk membuang lemak-lemak tersebut, pergunakanlah serbet kertas yang bersih. Gulunglah kertas serbet tersebut, kemudian sapukanlah pada permukaan sup. Lemak-lemak akan terangkat keluar karena menempel pada kertas serbet.

 Tips untuk masakan terlalu asin

Ada kalanya kalau kita sedang repot memasak apalagi yang dimasak banyak macamnya, bisa terjadi sayur yang kita masak dua kali diberi garam sehingga menjadi terlalu asin.
Cara mengurangi rasa asin pada masakan ibu adalah dengan memasukkan beberapa butir kentang yang sudah di kupas kulitnya dan menggodoknya bersama-sama sayur tersebut. Rasa terlalu asin bisa dikurangi. Kentang yang sudah matang jangan dibuang sebab enak dimakan.

 Tips untuk masakan yang bersisa

Jika ibu masak terlalu banyak, maka sayur ibu akan bersisa, Supaya sayur tersebut tidak menjadi rusak jika dimakan untuk keesokan harinya, pada malam harinya haruslah dipanasi terlebih dulu dengan betul. Tutup panci jangan dulu ditutupkan. Setelah sayur dingin betul, baru ditutup.

 Tangan berbau bawang merah

Jika anda banyak mengupas bawang merah, tangan anda terutama jari-jarinya akan berbau brambang dan sedihnya bau ini sukar dihilangkan meskipun dengan sabun.
Bau brambang pada jari-jari anda dapat dibersihkan dengan batang daun selederi. Gosok-gosoklah jari dan tangan anda dengan batang selederi sampai baunya hilang. Setelah itu baru tangan anda dicuci dengan sabun.

Memasak pada dasarnya adalah kegiatan yang menyenangkan. Ada sebuah kepuasan tersendiri jika masakan yang dibuat oleh ibu disukai suami dan anak-anak ibu. Hal ini yang mendorong banyak ibu-ibu untuk terus belajar dalam urusan memasak. Semoga dengan tips cara memasak untuk ibu rumah tangga yang saya bagikan dapat membantu ibu-ibu semua dalam memasak untuk keluarga Anda.

Terimakasih.  
0 Komentar untuk " Tips Cara Memasak Untuk Ibu Rumah Tangga "


Back To Top