Tips Memadupadankan Keramik di Dalam Rumah

Lantai tentu saja merupakan bagian penting dari sebuah rumah. Oleh karenanya penting sekali untuk berhati-hati memilih bahan apa yang akan digunakan sebagai lantai. Salah memilih berarti lantai tidak akan berfungsi semestinya sehingga mengurangi kenyamanan penghuni. Salah satu jenis lantai yang paling populer adalah keramik.

Bahan ini sudah dipakai untuk berbagai jenis rumah baik yang bergaya tradisional maupun moderen. Ini artinya bahwa ada banyak sekali jenis keramik yang bisa didapat di luar sana.

Tips Memadupadankan Keramik di Dalam Rumah

Nah, bila Anda tertarik dengan lantai keramik, berikut ini adalah tips memadupadankan keramik di dalam rumah yang sebaiknya Anda tahu.
  • Bermain dengan corak yang tepat

    Pemilihan keramik yang tepat tentu saja erat kaitannya dengan corak. Pertanyaannya adalah corak apa yang paling tepat untuk rumah Anda? Ini tentu merupakan pertanyaan yang gampang-gampang susah untuk dijawab karena corak sendiri terkait dengan banyak hal seperti selera pribadi dan kecocokannya dengan desain rumah. Meskipun demikian, ada banyak corak keramik yang bisa Anda pilih tentunya seperti corak dekoratif, keramik polos dan keramik embossed (bertekstur). Terkait dengan corak, tentu saja selera pribadi menjadi sangat dominan. Ini artinya bahwa Anda bebas memilih corak apapun sesuai dengan kesukaan.
  • sumber gambar: carpetpalace.ca
  • Pemilihan warna yang tepat

    Selain corak, warna merupakan salah satu hal penting yang harus di pertimbangkan. Salah memilih warna akan berakibat pada tampak yang kurang menarik sehingga lantai tidak memberi nilai yang semestinya untuk sebuah rumah. Tentu saja banyak pilihan warna keramik yang akan Anda temui. Beberapa diantaranya biru, putih, coklat dan hitam. Meskipun warna juga merupakan sesuatu yang bersifat subjektif, tentu penting untuk mempertimbangkan kaidah-kaidah umum seperti perpaduan warna terang dan gelap yang bisa menghidupkan suasana. Sebagai contoh, Anda bisa memadupadankan keramik warna hitam dan putih sehingga lantai menyerupai papan catur. Perpaduan ini bisa membuat lantai lebih hidup sehingga memberi kesan elegan.
  • Memilih ukuran keramik dengan benar

    Berbicara tentang ukuran keramik, Anda akan menemukan beberapa jenis ukuran. Tentu ada hal penting yang harus diingat terkait dengan ukuran keramik. Yang pertama, ukuran keramik yang besar akan memunculkan kesan luas terutama bila dipadupadankan dengan warna terang dan motif polos. Sementara ukuran keramik kecil bisa membuat nuansa ruangan yang tampak lebih sempit.
  • Penempatan jenis keramik dengan tepat

    Tentu sangat penting mempertimbangkan aspek ini mengingat ada beberapa jenis kamar yang ada di dalam sebuah rumah. Keramik yang bertekstur dan tidak licin tentu saja akan lebih tepat diletakkan di kamar mandi dan dapur karena bisa menghindari kemungkinan terpeleset.

Itulah beberapa hal penting yang seharusnya Anda perhatikan terkait dengan pemadupadanan keramik di dalam sebuah rumah. Tentu masing-masing orang memiliki selera yang berbeda namun ini bukan berarti aspek-aspek keindahan harus diabaikan.

Pemilikan corak, warna dan tipe keramik yang tepat akan membuat lantai berfungsi optimal sehingga akan mendatangkan kenyamanan. Selain itu, keselarasan lantai keramik dengan segala sesuatu yang ada di dalam ruangan juga seharusnya menjadi hal penting untuk dipertimbangkan. Misalnya, warna keramik harus tampak harmonis dengan warna dinding.

 Satu hal lagi yang seharusnya tidak diabaikan saat memilih keramik untuk lantai di dalam rumah yaitu membeli keramik yang berkualitas tinggi agar daya tahannya cukup lama. Hal ini tentu saja terkait dengan biaya pemeliharaan agar Anda bisa berhemat.
0 Komentar untuk "Tips Memadupadankan Keramik di Dalam Rumah"


Back To Top