Tips Mudah Dan Praktis Seputar Rumah

Dalam kehidupan kita dirumah pasti ada beberapa serangga pengganggu dalam kegiatan kita, seperti semut, rayap, atau lalat. Memang gangguan yang ditimbulkan oleh serangga-serangga ini mungkin tidak berdampak parah, tetapi jika tidak di kontrol tentu akan menjadi hal yang menjengkelkan. Selain itu, untuk para ibu rumah tangga biasanya suka dengan berbagai tanaman hias, terutama bunga. Bunga biasanya mempunyai warna yang indah dan hal ini menjadikan bunga banyak disukai oleh orang-orang. Disini saya akan berbagi beberapa tips untuk mengatasi binatang pengganaggu dan merawat bunga. Mari kita simak artikel berikut ini.

Tips menangani serangga pengganggu



Tips membasmi rayap

Bila rumah anda banyak rayapnya, pulaslah tempat-tempat yang sering didatangi rayap dengan minyak tanah. Lubang-lubang di mana rayap keluar ditetesi minyak tanah juga. Karena bau minyak tanah, rayap tak akan berani muncul.Juga untuk semut dapat dipakai cara ini.

Tips memberantas semut

Banyak ibu-ibu rumah tangga mengeluh karena pusing menghadapi semut di dalam rumahnya. Kue yang baru ditaruh di lemari dalam sekejap mata telah dirubung oleh semut. Di bawah ini beberapa cara untuk memberantas semut:

  • Ambillah sepotong spons (karet busa), celup dalam air gula, lalu taruh di tempat yang sering didatangi semut. Tak lama spons itu tentu akan penuh dengan semut. Masukkanlah spons yang sudah penuh dengan semut itu ke dalam air panas. Spons kemudian dicuci bersih dan celupkan kembali ke dalam air gula dan kerjakan begitu seterusnya sampai semutnya habis.
  • Potas (dapat beli diapotik) yang dicampur dengan gula amat disukai semut.Jika Anda taruh campuran tersebut di tempat yang banyak semutnya, semut akan lekas habis, karena setelah makan ’’hidangan” tersebut semut akan mati.
  • Borak yang dicampur dengan air gula sehingga merupakan salep ditaruh pada sehelai daun pisang dan letakkan di tempat-tempat yang banyak semutnya. Dalam sedikit waktu semut tidak akan datang lagi.
  • Jika lemari makan Anda yang menjadi sasaran semut. Baiklah sebarkan lada hitam yang sudah ditumbuk kasar, pada pojok-pojok dalam lemari makan. Karena baunya yang keras semut-semut tidak berani mendekatinya.
  • Sudah biasa kalau lemari makan sering didatangi semut. Biasanya orang menggunakan air dan menaruhnya dalam kaleng di tiap-tiap kaki lemari. Dalam dua tiga hari semut akan datang lagi ke lemari Anda karena airnya telah kering. Cara yang baik dan tidak usah sering-sering menambah air, ialah dengan mengganti air dengan tepung kapur tembok. Semut dapat dipastikan tidak berani lagi menyatroni lemari anda.
  • Semut tidak tahan terhadap kulit ketimun. Oleh karena itu letakkanlah kulit ketimun di tempat-tempat yang dikerumuni semut.Maka dengan segera semut-semut tersebut akan hilang.

Jika ayam berkelahi

Jika Anda membeli ayam dan mencampurkannya ke dalam kandang yang telah berisi ayam tentu akan timbul perkelahian sesama mereka. Untuk menghindarkan terjadinya pertarungan ini, tetesilah di leher ayam-ayam baik yang lama maupun yang baru dengan eau de cologne. Maka ayam akan damai dan perkelahian tidak akan terjadi.

Tips untuk menghilangkan gangguan lalat

Kaca-kaca jendela dari lain-lainnya di dalam ruangan yang diberi minyak tanah akan banyak mengurangi lalat di dalam ruangan tersebut. Ambillah sepotong kain dan basahilah dengan minyak tanah lalu gosokkanlah pada kaca jendela. Biarkanlah selama sepuluh menit sampai kering lalu gosok dengan lap kering.Anda tentu akan heran bahwa ruangan yang tadinya banyak dikunjungi lalat akan berkurang lalatnya.

Tips merawat bunga



Tips supaya bunga tetap segar

Bunga yang ditaruh di dalam vas selalu cepat menjadi layu. Anda dapat membuatnya tahan agak lama, bila anda ikuti petunjuk-petunjuk seperti di bawah ini:

Bunga yang ditaruh dalam vas bisa tahan lebih lama segar terutama bunga-bunga yang bertangkai, bila pangkal batangnya dibelah sepanjang kurang lebih 5 cm. dan terendam dalam air. Air di dalam vas harus setiap hari diganti dan diberi sedikit salmiak atau chilisalpeter atau sedikit garam dapur. Dapat juga anda menaruh sepotong arang kayu di dasar vas anda. Dengan cara-cara ini bunga anda dapat tahan lebih lama.

Tips supaya bunga tahan lama

Jika Anda membeli bunga, janganlah terus masukkan di vas. Bukalah mula-mula tali pengikat bunga itu, potong nyerong tangkainya, lalu masukkan ke dalam ember yang diisi penuh air. Biarkan ini 1 - 2 jam, supaya tangkainya cukup mengisap air, baru taruh di vas. Bunga yang terlebih dulu diperlakukan seperti tersebut, tentu lebih tahan lama daripada bunga yang setelah dibeli disusun di vas. Juga jika Anda memetik bunga dari kebun sendiri sebelum disusun di vas, harus direndam dulu dalam ember yang penuh air.

Tips bila tangkai bunga patah

Bila anda membeli bunga seperti gerbra, zinni, dan lainnya sesampainya di rumah seringkali satu-dua ada yang patah tangkainya. Biasanya bunga yang tangkainya patah ini anda buang saja, bukan?
Lain kali bunga yang tangkainya patah asal belum putus, jangan anda buang, karena .masih dapat di”reparasi”.Ambillah sepotong lidi atau tusuk gigi dan tusukkanlah lidi atau tusuk gigi tersebut pada batang (tangkai) bunga sedikit di bawah pada bagian yang patah, masukkanlah terus di tengah-tengah batang ke Jurusan atas melewati bagian yang patah, sampai tangkai yang patah tersebut menjadi baik kembali.

Tips untuk vas bunga

Supaya bunga-bunga di dalam vas baik ”duduknya”, tuanglah lilin panas yang masih cair ke dalam vas anda setinggi kurang lebih 3 cm. Sebelum lilin menjadi keras, tusuk-tusuklah lilin tersebut dengan batang-batang pensil dan buatlah beberapa lubang.Bunga-bunga yang ditaruh dalam vas yang dasarnya berlilin akan baik dan selalu rapih terlihat.

Membersihkan pohon imitasi

Untuk hiasan di dalam ruang tamu, ruang makan dan tempat-tempat lainnya, banyak orang yang suka ’’menanam” pohon-pohon imitasi. Tapi sayangnya pohon hiasan ini seringkali lekas menjadi kotor oleh abu, terutama daun-daunnya.Biasanya ibu-ibu membersihkan daun-daun pada pohon imitasi ini dengan menyekanya selembar demi selembar. Tentu saja pekerjaan ini memakan waktu yang lama dan sangat menjengkelkan.

Pohon-pohon imitasi dan dapat dibersihkan dengan air sabun detergent. Ambillah sebuah ember dan isi tiga-perempat bagiannya dengan air lalu beri 2-3 sendok sabun detergent dan aduk-aduk sampai rata. Masukkanlah pohon imitasi tersebut ke dalam ember dan putar-putar sebentar (digoyang-goyangkan) dan terakhir disiram dengan air bersih.

Tips untuk bunga mawar

Bila anda ingin memajang bunga mawar, hendaknya janganlah ditaruh pada vas beling atau porselin. Bunga hendaknya ditaruh pada vas yang terbuat dari tanah.Dengan cara ini bunga mawar akan tahan lebih lama.

Menyiram tanaman

Bila ada kelebihan teh (yang basi), janganlah dibuang tapi siramkanlah ke tanaman selederi anda, tentu pohon selederi anda akan gemuk tumbuhnya.
Jika anda mencuci daging atau ikan, cucilah dalam sebuah panci dengan air secukupnya. Air bekas pecuci ikan atau daging ini janganlah dibuang. Siramkan pada tanaman anda, tanaman anda cepat menjadi subur.

Tanaman liar pada batu-batu

Orang yang punya halaman yang cukup luas, sering kali diberi batu-batu. Tapi kadang-kadang pada batu-batu tersebut tumbuh tanaman liar seperti rumput dan lain sebagainya sehingga merusak keindahan.

Untuk menghilangkan tumbuh-tumbuhanan tersebut biasanya orang lalu mencabutnya satu persatu sampai bersih. Lain kali bila tumbuh lagi dicabut lagi. Bagi yang ’’tidak punya waktu”, ambillah garam dapur lalu sebarkan pada tumbuh-tumbuhanan tersebut, dalam waktu yang singkat tumbuh-tumbuhanan liar tersebut akan lenyap dan tidak datang lagi.
0 Komentar untuk "Tips Mudah Dan Praktis Seputar Rumah"


Back To Top