Tips Mudah Menghilangkan Goresan Pada Lantai Kayu

Latai kayu merupakan pilihan yang brilian guna mempercantik dekorasi rumah Anda. Lantai berbahan kayu terkenal sebagai jenis lantai yang memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga sangatlah wajar jika biaya yang dibutuhkan baik untuk instalasi maupun perawatan cukup mahal jika dibandingkan jenis lantai lain seperti keramik.


Namun, hal itu sepadan dengan keindahan yang ditawarkan terutama jika Anda ingin menciptakan nuansa yang hangat dan natural di dalam rumah. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memelihara keindahan lantai kayu agar Anda dapat menikmatinya untuk waktu yang cukup lama.
Banyak sekali tips yang dapat Anda temukan tentang bagaimana cara merawat lantai kayu Anda, sehingga tetap kokoh dan terlihat cantik.

Salah satunya adalah dengan membersihkan lantai kayu tersebut secara teratur dengan menggunakan larutan cuka. Selain itu, penting bagi Anda untuk menghindarkan lantai Anda dari benturan atau gesekan keras, misalnya dari perabot rumah atau bahkan sepatu boot Anda. Jika hal itu terjadi, maka lantai kayu Anda akan mengalami kerusakan minimal berupa goresan di atasnya.

 Hal tersebut tentu saja akan mengurangi nilai keindahan dari lantai tersebut. Kerusakan berupa goresan pada lantai kayu seringkali sulit untuk dihindari terutama jika Anda memiliki anak atau binatang peliharaan yang sering bermain di dalam ruangan.

Tips Mudah Menghilangkan Goresan Pada Lantai Kayu

Jika Anda menemukan goresan pada lantai kayu Anda, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat memperbaikinya sendiri. Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan goresan pada lantai kayu Anda:
  • Yang perlu Anda perhatikan adalah jenis goresan yang terdapat pada lantai tersebut. Anda perlu mengetahui apakah goresan tersebut tergolong ringan (bersifat tipis dan dangkal) atau berat (goresan yang dalam dan lebar).
  • Haluskan bagian yang tergores dengan menggunakan kertas penghalus (amplas) sampai benar-benar halus dan merata.
  • Setelah halus, bersihkan serbuk kayu yang dihasilkan oleh proses pengamplasan dengan menggunakan lap basah sampai benar-benar bersih. Jangan lupa untuk mengerikannya kembali.
  • Jika yang Anda hadapi adalah goresan yang ringan, Anda dapat langsung mengaplikasikan larutan plitur (varnish) dengan menggunakan busa. Lapisi permukaan lantai sedikit demi sedikit dan perlahan. Mungkin Anda perlu melapisi beberapa kali untuk memperoleh warna yang sepadan dengan warna asli lantai kayu Anda.
  • Jika jenis kerusakannya tergolong cukup berat dengan goresan yang cukup dalam, Anda perlu menambal goresan tersebut dengan menggunakan dempul atau plamir. Tunggu sampai kering kemudian haluskan permukaannya dengan amplas dan bersihkan permukaan tersebut. Kemudian Anda dapat melakukan proses pewarnaan dengan menggunakan larutan plitur seperti pada proses nomer 4.
Dari cara di atas, yang perlu diperhatikan adalah ketelitian dan kehati-hatian. Hal ini dimaksudkan agar kerusakan yang terjadi tidak semakin parah karena kecerobohan Anda. Oleh karena itu, jika Anda merasa kurang percaya diri dalam menghilangkan goresan di lantai kayu Anda, sangat disarankan untuk meminta bantuan dari orang yang terbiasa dengan material kayu. Anda dapat menghubungi kenalan Anda yang bekerja di meubel atau toko furniture karena dia pasti lebih paham dengan urusan seperti ini. Tentu saja ini Anda perlukan jika goresan yang muncul terdapat pada sisi yang sangat mudah terlihat. Jika goresan tersebut terjadi pada sisi lantai yang cukup tersembunyi, misalnya pada pojok ruangan, Anda dapat mencoba tips yang telah diberikan diatas. Selamat mencoba!
0 Komentar untuk "Tips Mudah Menghilangkan Goresan Pada Lantai Kayu"


Back To Top