Tips Praktis Mengolah Roti Tawar dan Makanan Lainnya

Halo apa kabar? Kita semua tentu tahu dengan makanan yang satu ini, Roti. Ya, roti memang sudah sangat akrab dengan kita. Sekarang sudah mulai banyak keluarga yang menjadikan roti tawar sebagai menu sarapan untuk pagi hari. Tahukah Anda, jika ada tips praktis dalam mengolah roti tawar untuk keluarga Anda? Ya, disini akan saya sampaikan beberapa tips untuk mengolah roti tawar dan makanan lainnya, mari kita simak informasinya.

Mengolah Roti Tawar

Cara mengolah roti tawar


  • Supaya roti tawar tetap baru
Roti, baik yang tawar maupun manis yang dibeli siang, besok pagi akan menjadi keras. Untuk membuat roti tetap seperti baru, bungkuslah dengan serbet basah pada malam harinya. Besok paginya roti akan tetap seperti baru dibeli.

  • Memotong roti tawar
Anda barangkali sering mengalami memotong roti tawar dan irisannya tidak bisa rapih dan baik. Seringkali roti terlalu keras.Cobalah rendam sebentar pisau pemotong roti Anda di dalam air hangat baru digunakan untuk memotong. Lihat hasilnya. Tentu baik.

  • Sisa roti tawar
Sisa roti tawar yang tidak habis dimakan janganlah dibuang. Iris-irislah roti tawar tersebut hingga jadi berkeping-keping tipis lalu lemur sampai kering setelah itu simpan. Jika lelah cukup banyak, dapat dibuat kue yang enak yang dikenal sebagai Puding Roti. Membuatnya adalah sebagai berikut: Rendam kepingan-kepingan roti tawar tersebut dalam air dingin dan biarkan beberapa lama sampai rotinya lunak. Angkat roti tersebut dari air dan keringkan. Hancurkan di dalam sebuah panci atau waskom lalu beri mentega margarine, gula susu, kismis, sukade dan kulit jeruk secukupnya yang terlebih dahulu sudah dipotong-potong kecil dan telur ayam.Adonan ini jika sudah teraduk rata kita kukus selama kurang lebih dua jam.


  • Roti tawar yang sudah keras
Roti tawar sisa kemarin atau kemarin dulu biasanya telah menjadi keras dan baunya pun sudah tidak baik lagi., Roti ini masih dapat dimakan jika dihangati bersama-sama ketika menanak nasi.Akan lebih baik lagi hasilnya bila anda punya oven. Celupkanlah roti tersebut ke dalam air sebentar lalu panggang di dalam oven. Roti akan kembali baik seperti roti baru.

  • Menyimpan roti tawar
Bila keluarga anda setiap pagi makan roti untuk sarapan, tentu anda tidak membeli rotinya pagi harinya, karena jarang ada yang menjual roti pada pagi hari dan roti biasanya dibeli sore atau malam harinya.Biasanya roti yang dibeli sore hari, keesokan paginya akan menjadi keras dan kurang enak dimakan. Anda dirumah biasanya menghangatkannya di atas nasi ketika menanak nasi atau memanggangnya.
Sebetulnya ada suatu cara yang baik dan tidak terlalu merepotkan Anda. Setelah anda beli roti pada sore hari, bungkuslah roti tersebut dengan serbet rapat-rapat. Keesokan paginya roti ini akan tetap ”segar” seperti baru.

Tips Untuk Makanan Lainnya

Cara menyimpan tepung

  • Menyimpan terigu
Seringkali Anda merasa jengkel karena tepung terigu cepat sekali berbau apek. Untuk menghindarkan hal ini, buatlah kantung dari kain putih yang kecil dan masukkan ke dalamnya satu dua potong arang kayu dan taruhkanlah di atas terigu anda. Selain daripada terigu tidak mudah berbau juga kutu-kutu terigu tidak akan datang.


  • Tepung beras agar tidak asam
Bilamana anda menepung beras di waktu pagi, pasti akan dijemur agar tidak asam dan bisa kering. Tetapi bila anda menepung di waktu hujan atau di sore hari tentu tidak akan ada panas dan tepung akan kumal dan asam. Untuk ini tak usah kuatir. Tepung yang tak mungkin akan terjemur tuangkan ke tampah dan dialasi kertas bersih, dan ratakan agar tepung itu memenuhi tampah dan menipis. Kemudian taruhlah atau selipkan cabe merah pada tepung itu kira-kira beberapa buah saja. Dengan demikian tepung yang tanpa dikeringkan itu tak akan berbau asam.

  • Mentega untuk roti
Banyak orang suka makan roti dengan mentega. Tapi seringkali kita mendapat kesulitan ketika memulaskan (smeer) mentega pada roti karena menteganya agak keras sehingga roti, apalagi yang tipis, akan mudah menjadi pecah.
Untuk mensmeer roti, mentega sebaiknya dibuat menjadi cream terlebih dulu dengan mencampurnya dengan beberapa tetes air panas dan mentega terus dikacau (dikopiok) sampai rata. Dengan mentega cream ini roti mudah dipulaskan.

  • Sosis yang bercendawan
Sosis yang disimpan agak lama seringkali keluar jamurnya. Anda dapat menghindarkan sosis anda daripada jamuran dengan cara memulas sosis tersebut dengar air garam. Tetapi jika memang sudah kadaluarsa, lebih baik jangan di konsumsi atau di buang saja.


  • Mengolah sosis
Sosis jika digoreng, direbus atau dipanggang seringkali akan pecah. Ini kita dapat cegah jika sebelum diolah/dimasak ditusuk-tusuk dulu dengan garpu atau lidi. Dengan cara ini hawa dari dalam sosis dapat keluar waktu dimasak dan sosis jadi tidak pecah.

  • Menyimpan ham dan worst
Jika Anda memotong ham atau worst dan sisanya akan disimpan, bagian yang dipotong supaya jangan kering pulaslah dengan putih telur atau mentega. Dengan cara ini ham atau worst Anda tetap baik.

  • Menyimpan keju
Seringkali para Anda rum ah mengeluh, kejunya cepat menjadi rusak. Bila ada lemari es, maka tidak ada persoalan lagi. Meskipun Anda tidak mempunyai lemari es di rumah, keju Anda tidak akan cepat menjadi rusak bila Anda turut cara ini:
Bekas potongan keju ditempel dengan kertas minyak dan seluruh keju dibungkus dengan serbet yang agak basah.

  • Supaya keju tidak kering
Keju kalau disimpan lama, bagian sebelah luar akan menjadi kering. Kalau di rumah kita ada lemari es, hal ini tidak menjadi persoalan tapi bilamana kita tidak mempunyai lemari es, cara menyimpannya adalah sebagai berikut :

Ambillah sehelai serbet lalu basahilah dengan air cuka. Keju yang dibungkus dengan serbet yang telah dibasahi dengan cuka ini dapat tahan tidak kering. Bila serbetnya kering setelah dua-tiga hari, basahilah kembali.

  • Makanan dalam kaleng
Banyak makanan sekarang dibuat di pabrik dan di- masukkan ke dalam kaleng dan dikenal di sini dengan nama "makanan kaleng” Untuk mengetahui, apa isi dalam kaleng masih baik atau tidak, periksalah tutup bagian-bagian atas atau bawahnya. Jika tutupnya melembung ke atas menandakan isinya sudah rusak, bila masih rata tandanya isinya masih baik.

  • Biskuit yang sudah lembek
Biskuit yang sudah lembek sudah tentu kurang nikmat dimakannya. Banyak kaum ibu yang tidak tahu bahwa biskuit yang telah menjadi lembek tersebut masih dapat dibuat renyah kembali;
Pangganglah sebentar biskuit-biskuit tersebut di atas api arang atau kalau anda kebetulan punya oven pergunakanlah oven. Akan lebih baik lagi. Biskuit-biskuit anda yang lembek, akan kembali baik seperti baru dikeluarkan dari kalengnya.

  • Kulit susu
Susu sapi sebelum diminum harus dimasak dulu. Kebanyakan jika susu tersebut sudah dingin akan keluar "kulitnya” di atas permukaan susu (ada juga orang menyebutnya ”langit-langit susu”).
Anda dapat menghindarkan terjadinya ”kulit” susu ini dengan jalan setelah susu mendidih, angkat lalu saring dan tutup rapat atau setelah diangkat dari api lalu aduk-aduk terus sampai susunya dingin.


  • Membuat banyak teh
Jika Anda untuk sesuatu keperluan harus membuat teh dalam jumlah yang banyak, tempatkanlah teh dalam sebuah kantung yang dibuat daripada bahan paris atau tekstil lainnya yang agak jarang dan tipis lalu lubang kantungnya diikat dan diseduh dengan air mendidih. Bukan tidak mustahil, bagi yang jarang membuat teh dalam jumlah yang banyak, seringkali kita memberi teh terlalu banyak sehingga air tehnya menjadi terlalu kental. Jika Anda menggunakan kantung teh, maka hal ini bisa dihindari, karena jika air tehnya sudah cukup kentalnya kantung teh dapat dikeluarkan. Keuntungan lainnya ialah teh Anda akan bersih daripada ampas teh dan tak perlu menyaringnya.

  • Garam akan tetap kering
Garam biasanya ditaruh di tempat garam yang berlubang kecil-kecil. Garam ini sering menjadi basah, dan karena itu sukar keluarnya. Masukkanlah beberapa butir beras, garam Anda akan menjadi kering dan mudah keluarnya.

  • Es batu warna-warni
Bila kebetulan Anda mempunyai lemari es di rumah dan akan merayakan hari ulang tahun anak Anda, sekali-sekali buatkanlah es batu yang diberi macam-macam warna. Es batu warna-warni ini yang dicampur dengan air sirup akan banyak menggembirakan anak-anak.
0 Komentar untuk " Tips Praktis Mengolah Roti Tawar dan Makanan Lainnya "


Back To Top