Tips Praktis Merawat Alat-alat Dapur, Lemari, Lemari Es, dan Lampu

Di dalam rumah kita pasti banyak sekali peralatan rumah tangga. Untuk Anda para ibu-ibu pasti sudah sangat akrab dengan peralatan ini. Setelah kemarin kita membahas cara praktis membersihkan perabotan rumah tangga,  kali ini saya akan berbagi tips merawat beberapa peralatan yang ada dirumah kita seperti alat-alat dapur, lemari, lemari es dan lampu. Ok, mari kita simak informasinya.

Tips Merawat Alat-Alat Dapur

  • Alat dapur yang berkerak

Dandang, cerek (teko air) panci-panci yang berkerak, sukar untuk menghilangkannya. Tetapi dengan cara merebus alat dapur tersebut dengan air yang diberi garam dan cuka, maka kerak-kerak itu akan mudah lepas dengan sendirinya. Bisa juga dengan cara ini, ketel atau panci itu kita isi air dengan dicampur garam dan cuka yang banyak, lalu digosok kira-kira 10 menit lamanya. Sesudah itu dibilas dengan air bersih. Karang akan hilang.

  • Alat-alat dapur kena minyak tanah

Bila terdapat alat-alat dapur atau barang-barang pecah-belah anda yang berbau minyak tanah, dapatlah anda hilangkan dengan jalan mencuci barang-barang tersebut dengan air yang telah dibubuhi kapur (gamping).

  • Alat-alat dapur dari bambu

Meskipun sudah di jaman modern, masih banyak ibu-ibu yang menggunakan alat-alat dapur yang terbuat daripada bambu seperti tanggok (kalo), tetampah (nyiru) dan lain-lainnya.Barang-barang dari bambu ini biasanya tidak lama umurnya, karena mengeluarkan serbuk dan kemudian bolong dan akhirnya menjadi hancur.
Untuk menghindarkan terjadinya serbuk-serbuk yang disebabkan oleh kutu-kutu, setelah barang-barang tersebut dibeli kita godok dulu di dalam air mendidih untuk 2-3 menit dan bila ini tidak mungkin, bisa juga dengan cara diseduh. Dengan cara ini barang-barang bambu tersebut akan lebih awet dipakainya dan tidak akan mengeluarkan serbuk lagi.

  • Dandang bocor

Bilamana terdapat alat-alat dapur anda, umpamanya tem¬pat masak air atau menanak nasi (dandang) yang dengan tiba-tiba bocor, anda dapat perbaiki dengan jalan mencampur gula, kapur dan kapas secukupnya dan lekatkan pada bagian yang bocor itu. Nah, sekarang dapat anda pakai lagi, sementara sambil menunggu tukang soldir (patri).

  • Panci yang hangus

Para ibu yang sering berkecimpung di dapur sekali waktu tentu pemah mengalami masakannya menjadi hangus ketika dimasak dalam panci sehingga masakan hangus tersebut hitam melekat pada bagian dalam panci. Godoklah segenggam abu dapur dalam panci tersebut. Nanti bekas-bekas hangus akan lepas dengan sendirinya.

  • Ayakan tepung

Ayakan dari kawat halus yang biasa dipergunakan untuk mengayak tepung beras, ketan atau terigu, janganlah sekali-sekali dicuci. Bila kita cuci, tidak dapat tidak tentu masih ada ketinggalan sisa-sisa air dan hal ini dapat mengakibatkan ayakan menjadi karatan dan lama kelamaan menjadi berlubang dan tidak dapat dipergunakan lagi.
Ayakan kawat haruslah dimasukkan ke dalam kantung plastik atau dibuatkan kantung dari tekstil. Hal ini supaya abu tidak. melekat pada kawat ayakan sehingga ayakan tidak mungkin kotor.Sehabis dipakai, ayakan cukup dibersihkan dengan cara mengetuk-ngetukkan pinggirnya pada tangan.

Tips Merawat Lemari

Tips merawat lemari yang benar

  • Lemari dengan pintu geser

Lemari-lemari pajangan (etalase) biasanya mempergunakan daun-daun pintu yang bergeser, tidak seperti daun-daun pintu lemari lainnya.Adakalanya daun-daun pintu lemari-lemari semacam ini sulit atau keras dibukanya. Hal ini bisa disebabkan antara lain karena rilnya karatan atau bengkok. Mungkin juga disebabkan karena dasarnya kurang rata. Hal ini bisa disembuhkan dengan melicinkannya dengan kertas ampelas atau lilin.Macetnya pintu lemari ini bisa juga disebabkan karena berdirinya tidak benar. Coba ganjel salah satu kakinya.

  • Lemari makan

Bagian dalam lemari makan anda ada baiknya dicat putih. Barang-barang yang ada di dalam lemari tersebut nanti akan mudah terlihat karena lemari makan anda akan menjadi terang.

  • Menghilangkan bau pada lemari baru

Lemari yang baru dibeli dari toko tentu akan berbau tidak enak. Bila lemari tersebut lemari makan, maka makanan yang ditaruh di dalamnya akan berbau tidak enak. Juga demikian terhadap lemari pakaian.Untuk mencegah ini, lemari baru hendaknya dihilangkan dulu baunya baru dipakai.
Untuk menghilangkan bau yang tidak enak pada lemari baru, pergunakanlah bubuk kopi. Belilah kopi bubuk yang paling murah saja sebanyak ½ Kg dan taruh di dalam piring besar atau baskom kecil dan letakkanlah di dalam lemari baru. Dalam tempo 2 atau 3 hari, bau lemari yang tidak enak akan hilang dan lemari sudah dapat dipakai.

  • Kunci pintu yang macet

Kunci pintu yang sudah lama dipakai atau jarang dipergunakan akan macet dan keras membukanya.Ambillah minyak mesin dan masukkan beberapa tetes ke dalam lubang kunci lalu masukkan anak kuncinya dan bukakan kunci beberapa kali sampai terasa enteng kembali.

Tips Merawat Lemari Es

  • Mencegah kerusakan lemari es

Janganlah memasukkan makanan atau minuman yang panas atau agak panas di dalam lemari es (frigidair), ini mengakibatkan kerusakan lemari es anda.

  • Tempat membuat es pada lemari es

Tempat untuk membuat es pada freezer lemari es harus seringkali dicuci dengan air sabun yang panas. Tempat es yang bersih tidak keras melekat pada dasar freezer sehingga mudah dikeluarkan. Selain itu juga esnya mudah diambil.

  • Menyimpan daging dalam lemari es

Jika Anda mempunyai lemari es di rumah, seringkali Anda menyimpan daging, ayam dan lain sebagainya di dalam lemari es, bukan?
Lain kali, daging, ayam dan lain-lainnya yang disimpan di lemari es hendaknya dibungkus dulu dengan kantong plastik. Hal ini untuk menjaga kebersihan lemari es anda dan menghindarkan bau yang tidak enak dan dapat ”menular” ke barang-barang lainnya.
Dengan menggunakan kantong-kantong plastik, maka apel, kue anda dan lain-lain yang disimpan di dalam lemari es, tidak akan berbau daging babi, atau daging sapi anda tidak akan berbau mangga dan sebagainya.

  • Lemari es yang bau

Lemari es anda yang berbau kurang sedap dapat dihilangkan baunya bila di dalam lemari es tersebut ditaruh bubuk vanille. Tempatkanlah vanille tersebut di pot plastik bekas obat dan usahakanlah supaya jangan cepat menjadi basah.

  • Water Cooler


Ada orang yang tidak mau minum es karena takut akibat-akibatnya tapi mereka ingin minum air yang dingin. Mereka lalu membeli alat pendingin air yang disebut water cooler. Bagi yang keuangannya kurang, dapat membuat sendiri water cooler yang murah harganya tapi tidak kalah baiknya dengan water cooler bikinan pabrik yang mahal harganya.
 
Belilah sebuah kendi yang terbuat dari tanah liat. (Kendi yang baru harus diisi air sampai penuh dan setiap hari diganti yang baru sampai beberapa hari dan bau tanahnya hilang). Kendi ini diisi air minum dan bungkus kendi tersebut dengan flanel, lalu letakkan di tempat yang banyak angin. Dalam waktu yang singkat air di dalam kendi tersebut akan dingin rasanya dan sangat segar. Saya sendiri sudah membuktikannya, memakai kendi  tidak kalah nikmat segarnya. 

  • Rak pada pintu lemari es

Pintu lemari es biasanya mempunyai rak-rak untuk diisi bermacam-macam barang. Ada baiknya jika rak-rak tersebut dilapisi dengan kertas, sehingga air atau es tidak melekat pada rak tersebut.Dengan cara ini maka rak pada pintu lemari es anda dapat terhindar daripada karat.

Tips Merawat Lampu

  • Membersihkan lampu

Ketika membersihkan rumah anda, apakah teringat oleh para ibu untuk juga membersihkan lampu-lampu? Mungkin para ibu hanya membersihkan perhiasan daripada lampu ini saja. Adalah lebih baik bila anda juga membersihkan bola lampu anda dengan sepotong kain lap basah sehingga menjadi lebih terang dan mendapatkan terangnya 50% lebih dari sebelum dibersihkan.

  • Lampu pijar kurang terang

Kadang-kadang di rumah anda penerangan dari lampu bohlam tidak begitu terang seperti biasanya. Coba anda perhatikan bohlamnya. Biasanya bohlam tersebut ditutupi oleh abu sehingga membuat lampu pijar anda tersebut tidak begitu terang.

  • Sinar lampu dari minyak tanah

Ini adalah jenis lampu yang sudah lama sekali. Lampu jenis ini memang sudah tidak digunakan lagi sekarang ini. Tetapi, disaat listrik sedang pemadaman, (selain menggunkan lilin) lampu ini juga akan sangat berguna. Lampu semprong atau lainnya yang pakai minyak tanah kadang kala sinarnya tidak begitu terang. Bilamana anda ingin supaya lampu minyak tanah menjadi terang, campurkanlah 1 liter minyak tanah dengan 4 gram terpentin dan 2 gram bubuk kanker, kemudian sumbu lampu tersebut di celup sebentar di dalam talk yang sudah dipanaskan hingga menjadi cair. Hasilnya sinar lampu dari minyak tanah tersebut akan menjadi lebih terang, begitupun lampu minyak tersebut tak usah sebentar-bentar ditambahkan minyaknya. Sebab dengan cara demikian akan bertahan lebih lama.

  • Mengganti bohlam yang putus

Ada baiknya tiap rumah menyediakan lampu-lampu pijar (bohlam) supaya bilamana ada sebuah yang putus bisa segera diganti. Bohlam yang baru putus memang panas dan supaya bisa segera diganti dengan yang baik, pergunakan pembungkus bohlam. Masukkanlah pembungkus bohlam yang baru ke dalam lampu yang baru mati dan keluarkanlah yang mati tersebut dan tangan anda tidak akan kepanasan. Bohlam yang baru dapat langsung dipasang.
Tips-tips yang saya bagikan dalam blog ini memang lebih ke cara tradisional yang praktis. Di dalam artikel di atas memang baru di bahas beberapa untuk peralatan rumah tangga. Tentunya masih banyak peralatan rumah tangga lainnya. Besok akan saya sambung lagi. Semoga tips-tips ini bisa membantu Anda. Terimakasih.
0 Komentar untuk "Tips Praktis Merawat Alat-alat Dapur, Lemari, Lemari Es, dan Lampu "


Back To Top