Tips Praktis Merawat Setrika, Pisau, Barang Pecah Belah, dan Lain-lain

Setelah sebelumnya kita membahas tips-tips praktis merawat beberapa peralatan rumah tangga, sekarang akan saya tambahkan lagi beberapa tips untuk merawat peralatan rumah tangga lainnya seperti setrika, pisau, barang pecah belah dan beberapa tips praktis lainnya yang mungkin dapat membantu Anda sehari hari. Mari kita simak tips-tipsnya berikut ini;

Tips Merawat Setrika


Menghemat Setrikaan

Untuk menghemat pemakaian listrik pada setrika atau supaya anda mengurangi pekerjaan setrika yang berat, ada satu jalan yang mudah, yaitu setelah memakai secepat mungkin baju dan kebaya anda digantung kembali, sebab dengan adanya panas badan yang melekat di baju atau kebayanya, kisutnya akan hilang dengan sendirinya.

Setrika dari besi


Pada jaman dahulu, bagi yang tidak punya setrika dari listrik, biasanya memakai setrika besi dengan arang kayu. Sayangnya setrika arang ini tidak boleh sering-sering ditinggal, karena arang akan habis dengan percuma, juga panasnya cepat berkurang.Untuk membuat Setrika tidak lekas dingin, pergunakanlah sehelai asbes. Taruhlah asbes ini pada tatakan Setrika. Hal ini hanya sebagai pengetahuan saja, karena Setrika ini sekarang sudah tidak digunakan lagi.

Menyeterika taplak meja

Banyak orang yang menyeterika taplak meja lalu melipatnya dan pada lipatan disetrika lagi. Cara ini salah, karena taplak meja yang disetrika dengan cara ini tidak bisa baik letaknya di atas meja dan lipatan-lipatannya akan jelas terlihat.
Cara yang baik ialah hanya menyeterika bagian tengahnya saja hingga licin dan bagian pinggirnya asal-asal saja menyeterikanya. Juga setelah disetrika lipat saja dengan tangan dan jangan disetrika pada lipatan-lipatannya. Tentu taplak meja anda akan necis kelihatannya.

Kabel setrikaan listrik

Kabel untuk Setrikaan listrik yang baik, bagian luarnya dilapisi tekstil supaya tidak mengotori pakaian.Kabel semacam ini bila sudah lama dipakai, seringkali tekstilnya terurai dan tidak baik dilihat.Untuk mencegah hal ini, pada kedua ujung kabel setrikaan di dekat stekker dan ujung lainnya, diikat dengan kawat halus.

 Kabel listrik

Tali kabel listrik pada radio, mesin jahit dan lampu seringkali membahayakan keselamatan kita, oleh karena itu cegahlah itu dengan menggulungkan kabel tersebut pada tangkai sapu ijuk anda, kemudian lepaskanlah tangkai sapu tersebut dari kabel tadi, maka anda akan menyaksikan bagaimana kabel itu akan menggulung dengan manisnya dan tidak akan mengakibatkan kecelakaan yang sering terjadi.

Tips Merawat Pisau



Mencegah kerusakan pisau

Janganlah rendam pisau-pisau yang mempunyai pegangan bercat di dalam air, karena kalau direndam mengakibatkan kerusakan catnya dan pegangannya.

Pisau Stainless Steel

Banyak ibu-ibu rumah tangga yang menggunakan pisau-pisau dari bahan "stainless steel”.Orang mengira bahwa stainless berarti tidak bisa berkarat, hal ini adalah anggapan yang salah.Janganlah membiarkan pisau-pisau ini tidak segera dicuci setelah dipakai, apalagi dibiarkan kotor semalaman.”Musuh” yang paling berat dari pisau ini adalah zat asam. Daging kambing yang panas dan daging babi banyak mengandung zat asam, maka ingatlah hal ini baik-baik.

Pisau karatan

Pisau dapur yang setelah dicuci tidak dilap dengan baik biasanya menjadi karatan.Untuk menghilangkan karat ini pergunakanlah batu kambang (batu imbul-Jakarta) gosokkanlah pada bagian yang berkarat. Karat tersebut tentu akan hilang. Tapi bila batu kambang tidak ada minyak tanahpun dapat dipergunakan. Ambillah sepotong lap lalu basahkan dengan minyak tanah dan gosok kuat-kuat.

Gagang pisau yang copot

Gagang pisau dapur baik yang terbuat dari kayu maupun plastik jika terlepas atau copot tentu sukar kita memakainya.Gagang pisau yang lepas dapat dipasang kembali dengan mempergunakan lem plastik seperti aica aibon atau pattex atau merk lain.

Pertama-tama bagian pisau yang akan masuk ke dalam gagang harus kita bersihkan dulu dan kalau karatan sebaiknya diampelas dulu dengan kertas amril (ampelas) sampai bersih. Ambil lem plastik dan isi sampai penuh lubang pada gagang pisau. Tunggu sementara waktu sampai lemnya agak mengental lalu masukkan gagang dari pisau dan benarkan letaknya. Diamkan selama satu hari supaya pisau kuat betul pada gagangnya

Tips Merawat Barang Pecah Belah


Gelas dan mangkuk sering pecah

Gelas dan mangkuk nyonya terbuat dari beling seringkali pecah atau retak bila diisi dengan air yang panas. Anda dapat menghindarkan hal ini dengan cara menaruh lap yang basah di bawah gelas atau mangkuk yang akan diisi dengan air atau sayur yang panas. Pasti gelas dan mangkuk yang mudah pecah tidak menjadi retak dengan cara demikian.

Membeningkan gelas

Gelas minum yang warnanya putih bila sudah lama dipakai warnanya tidak jernih lagi. Anda dapat membersihkan sekalian menjernihkan gelas anda dengan cara merendamnya dalam larutan cuka. Untuk 1 liter air dipergunakan 5 sendok makan cuka. Rendamlah gelas-gelas di dalam larutan ini selama kurang lebih 2-3 jam. Tentu gelas minum anda akan nampak seperti baru dibeli dari toko.

Supaya gelas tahan air panas

Gelas-gelas minum yang terbuat daripada beling biasanya tidak tahan terhadap air panas. Bila kita tuangkan air teh yang panas, gelas tersebut akan pecah.Ada beberapa cara supaya gelas tidak pecah bila diisi air panas. Cara yang lazim dipergunakan orang ialah menaruh sebuah sendok makan dalam gelas tersebut, baru gelas tersebut diisi air panas. Ada juga orang yang meletakkan gelas yang diisi air panas pada meja kayu. Tapi kedua cara ini tidak dijamin keampuhannya. Ada satu cara lain untuk membuat gelas beling tahan panas ialah dengan cara menggodoknya terlebih dulu.


Ambillah sebuah panci yang besar. Letakkanlah gelas-gelas di dalam panci tersebut berdiri dan tidak bersentuhan satu dengan yang lainnya, juga dengan dinding panci. Supaya gelas tidak bersentuhan berilah lap yang agak tebal di sekeliling dinding panci dan disela-sela gelas. Kemudian panci kita beri air sampai gelas-gelas semua terendam. Kita godok panci yang berisi gelas ini sampai airnya mendidih selama kurang lebih 10 menit baru angkat. Jika airnya sudah dingin betul, baru gelas-gelas dikeluarkan. Gelas-gelas ini akan tahan terhadap air panas.

Gelas bertumpuk

Apabila gelas-gelas anda tertumpuk menjadi satu dan tak dapat dilepaskan, janganlah dipaksakan untuk melepaskannya. Pakailah cara yang halus, yang di atas diisi dengan air dingin dan merendam gelas yang dibawah dengan air panas. Gelas-gelas anda akan terlepas dengan mudahnya tanpa mendapat cacat sedikitpun.

Membersihkan cangkir teh

Cangkir yang diisi air teh dan kelamaan dipakai, maka bagian dalamnya akan nampak kuning. Jika anda bersihkan dengan sabun, maka anda tidak puas akan hasilnya. Coba ambil sepotong jeruk nipis (jeruk pecel) lalu gosok-gosokkan ke dalam cangkir yang kuning tersebut, tentu anda tercengang cangkir anda kembali putih seperti tadinya.

Piring dan mangkok yang bau anyir

Piring, mangkuk atau alat-alat dapur lainnya setelah dipergunakan untuk tempat masakan ikan atau hasil-hasil laut lainnya seringkali berbau anyir/amis. Bila dibersihkan dengan sabun biasa maka seringkali bau anyirnya tidak mau hilang.
Piring atau mangkuk yang berbau anyir hendaknya dicuci dengan air jeruk terlebih dulu sebelum dicuci dengan sabun. Jika anda punya soda kue adalah lebih baik lagi. Rendamlah piring-mangkuk tersebut ke dalam larutan soda (satu sendok makan soda kue dalam. 1 liter air) selama setengah jam baru dicuci dengan sabun seperti biasa.

Tips-Tips Lainya

Closet pot yang kuning

Closet pot yang sudah lama dipakai akan menjadi kuning warnanya dan tidak sedap untuk dilihat.Untuk memutihkah kembali closet pot itu pergunakanlah cara ini: ambillah kaporit ½ sendok makan dan dicairkan dengan air hangat ¼ liter. Dengan lap yang dibasahi cairan kaporit ini, bersihkan closet pot anda sambil digosok-gosok. Setelah setengah jam siramlah dengan air, maka closet pot anda kembali akan putih seperti baru dibeli dari toko.

Menyurutkan isi W.C.

W.C. anda penuh? Dan untuk membuat yang baru tak ada tempat. Nah cobalah dengan cara ini yang tak makan biaya banyak. Tuangkan saja garam sekira 3 atau 4 Kg. ke mulut W.C. itu. niscaya kotoran yang telah naik karena  penuh itu akan bisa surut dan ambles.

Got yang airnya tidak jalan

Got atau saluran air yang airnya tidak jalan, adalah tempat yang enak bagi nyamuk untuk berkembang biak. Maka itu usahakanlah sedapatnya supaya air itu bisa mengalir. Jika hal ini tidak mungkin, berilah pada got tersebut larutan DDT, supaya jentik-jentik nyamuk itu mati sebelum menjadi nyamuk. Tapi kalau DDT bagi anda terlalu mahal, dapat anda pergunakan minyak tanah dan ini sama efektifnya.

Tips-tips yang saya sampaikan diatas mungkin sudah ada beberapa yang sudah tahu. Tetapi mungkin juga ada yang belum tahu. Semoga dengan tips-tips yang saya bagi diatas dapat membantu Anda dengan mudah. Terimakasih.
0 Komentar untuk " Tips Praktis Merawat Setrika, Pisau, Barang Pecah Belah, dan Lain-lain "


Back To Top