Tips Praktis Seputar Pakaian

Kali ini saya akan berbagi beberapa tips mengenai seputar pakaian seperti sprei, haduk, kancing baju, resleting, dll. Ok, tanpa basa-basi lagi mari kita simak beberapa tips praktis seputar pakaian ini.

Tips Praktis Seputar Pakaian

Tips menyimpan sprei


Bila Anda mempunyai banyak sprei dan terdiri dari berbagai ukuran, seringkali sulit waktu mengambilnya untuk tempat tidur yang cocok. Biasanya lalu anda membuka sprei satu-satu dan mencari yang cocok.
Untuk memudahkan mengambil sprei dari tumpukan dan tidak akan salah lagi, pergunakanlah tanda dengan lipatan. Misalnya untuk tempat tidur yang besar dilipat berbentuk persegi panjang dan tempat tidur yang kecil dengan lipatan bujur sangkar.
Bila anda memerlukan sprei untuk tempat tidur yang besar ambil sprei dengan lipatan persegi panjang dan untuk tempat tidur yang kecil ambillah sprei dengan lipatan bujur sangkar.

Memanfaatkan sprei yang sudah koyak

Sprei yang sudah koyak biasanya sukar dijahit atau ditambal, tapi ada juga sementara ibu yang tidak mau mempergunakan lagi. Sprei yang koyak tersebut sebetulnya masih dapat dipakai. Buatlah daripadanya sarung bantal kepala atau sarung guling.

Tips untuk handuk yang menjadi keras


Handuk mandi yang sudah lama dipakai akan menjadi keras dan agak kaku, sehingga tidak enak dipakainya. Untuk mengembalikan supaya menjadi lemas seperti baru, rendamlah handuk tersebut dalam larutan cuka semalaman. Untuk satu handuk cukup dengan dua sendok makan cuka meja dengan air secukupnya. Keesokan harinya baru dicuci dan dijemur.


Tips memberi tanda pada jas hujan



Jas hujan apalagi untuk kaum pria, banyak yang sama dengan kepunyaan lain orang, sehingga bila digantung di kantor atau direstoran, yang berbarengan digantungkan dengan lain orang, ada kemungkinan anda salah ambil.

Untuk menghindari hal ini, bagi jas hujan anda pasang kancing-kancingnya, sehingga dapat dipastikan anda tidak akan salah ambil. Bila jas lain orang sudah dibuat begitu, jas hujan anda pasang dua kancing saja dan lain sebagainya.

Tips memperbaiki resleting yang macet


Alangkah sayangnya jika tas Anda masih bagus tak dapat dipakai lagi oleh karena resletingnya macet. Anda jangan kecewa, ambillah potlot hitam yang empuk atau lilin. Gosokkanlah pada resleting itu maka dengan segera resleting itu dapat dipergunakan lagi. Juga resleting atau penutup pakaian anda selalu akan berjalan dengan baik, apabila sekali-kali resleting tersebut digosok dengan sepotong lilin.  

Tips memperbaiki rimpel pleated skirt



Mungkin anda yang memiliki gaun pleated skirt akan menjadi jemu bila rempel pleated skirt itu mulai terbuka dan lurus, ini yang berimpel besar-besar. Nah anda tak usah jemu dan malu untuk memakainya, itu bisa diperbaiki tanpa memerlukan obat yang mahal. Bila rimpel yang besar-besar itu telah hampir los terbuka, maka strikalah sendiri dengan dialasi daun pisang kering (klaras), jadi tidak langsung. Dengan demikian rimpel itu akan kembali teratur dan terlipat seperti semula.

Fungsi kancing pada kaki pantalon

Anda tentu sering mengalami bahwa pantalon suami Anda di bagian tumitnya (di bagian bawah belakang) cepat rusak karena bergeser dengan sepatu. Untuk mencegahnya, pasanglah kancing di sebelah dalamnya, supaya kancing tersebut menghindari pergeseran itu.

Tips memasang kancing baju yang benar

Memasang kancing yang jumlahnya banyak dan berbaris lurus bukanlah pekerjaan yang mudah. Salah-salah pasang maka tentu saja tidak baik dilihat karena tidak pada satu garis yang lurus. Biasanya orang mempergunakan penggaris, tetapi meskipun demikian kesalahan masih bisa terjadi.
Kalau anda mau ”safe” ikutilah cara ini: Kancing-kancing yang akan dipasang disusun dulu di tempatnya masing-masing. Setelah rata dan lurus, masing-masing ditempeli sekerat cellotape supaya tidak ”lari”. Setelah itu baru satu-satu di jahit. Tentu kancing yang dipasang akan nampak rapi dan terletak dalam satu garis yang lurus.


Tips untuk gantungan baju yang benar


 Baju yang digantung adakalanya setelah dipakai kelihatan kurang necis (rapi) karena terdapat semacam lipatan-lipatan di bagian pundak. Untuk mencegah hal ini seharusnya dipergunakan gantungan baju yang kedua ujungnya tepat pada ujung pundak baju anda (sambungan pundak dengan lengan baju).

Tips-tips praktis dan ringan tersebut mungkin akan dapat membantu Anda sehari-hari. Banyak dari kita mungkin belum mengetahuinya, termasuk saya, hehee. Dengan demikian pekerjaan kita akan lebih mudah. Terimakasih.
0 Komentar untuk "Tips Praktis Seputar Pakaian"


Back To Top