Tips Praktis Seputar Rumah

Halo apa kabar sahabat tipsunikibu.com, semoga kabar baik untuk Anda semua. Setelah sebelumnya kita membahas tips praktis seputar rumah part I dan part II, kali ini saya akan menambahkan lagi beberapa tips praktis seputar rumah. Seperti tips praktis seputar bayi, botol, kamar dan cat. Ok, mari kita simak tips-tipsnya berikut ini.

Tips Seputar Bayi

Tips unik untuk sepatu bayi

Sepatu-sepatu untuk bayi biasanya dipergunakan tali untuk mengikatnya. Cara ini sebenarnya kurang praktis baik memakainya maupun waktu membukanya. Cobalah tali sepatu bayi anda dilepas dan diganti dengan sepotong tali plastik yang dijahit pada sepatu sehingga tidak perlu lagi menalikan dan melepaskan tali sepatu, karena sepatu bayi akan mudah dipakaikan dan dilepaskan.

 Baby box untuk menjemur pakaian

Jika ada baby di rumah tentu banyak cucian. Pada hari-hari hujan, sampai malam hari cucian masih banyak yang basah. Ini tentulah tak dapat dibiarkan di luar. Jika Anda mempunyai baby box, box ini dapat dipakai untuk menjemur pakaian. Letakkanlah pada satu sisinya, dan pada terali-teralinya (kisi-kisi) Anda dapat menggantungkan banyak pakaian. Esok harinya pakaian ini pada umumnya sudah kering.

Tips Seputar Botol



Tips praktis membuka tutup botol

Kadang-kadang para ibu mengalami kesukaran dengan membuka tutup botol, bukan? Dengan mudah kesukaran ibu bisa diatasi dengan mengambil sehelai kertas ampelas, peganglah tutup botol tadi dengan mempergunakan kertas ampelas agar pegangannya menjadi lebih erat, kemudian dengan gampang para ibu akan dapat membuka botol tadi dengan memutar pegangannya.

Tips unik membersihkan botol

Bila botol kotor di bagian dalamnya dan sulit dibersihkan dengan sikat botol, pergunakanlah krikil-krikil kecil.Ambillah satu genggam krikil dan masukkan ke dalam botol yang kotor dengan sedikit air dan lebih baik dengan air sabun. Putar-putarlah botol yang kotor tersebut sampai kotorannya bersih.Terakhir baru dimasukkan air sabun dan cuci sampai bersih.

Tips membersihkan botol bekas minyak

Bila anda akan membersihkan botol bekas minyak, beginilah caranya. Isilah botol tersebut setengahnya dengan air lalu masukkan amoniak (dapat dibeli di apotik). Kocok-kocoklah botol yang berisi larutan amoniak tersebut beberapa waktu lamanya. Keluarkan isinya lalu masukkan air hangat lalu kocok-kocok lagi dan terakhir dengan air bersih yang dingin. Dengan cara ini minyak-minyak yang melekat pada dinding dalam botol anda akan hilang dan botol anda akan bersih berkilauan kembali seperti baru.

Tips membuka botol dengan tutupan sekrup

Botol dengan tutupan sekrup kadang-kadang tak dapat dibuka. Janganlah diketok-ketok atau dibuka dengan kakatua, besar kemungkinannya botol itu akan pecah. Dengan dicelupkan tutupnya ke dalam air panas ia akan mudah dibukanya.

Tips untuk prop botol yang kebesaran

Untuk menutup botol biasa kita pergunakan sumbat atau prop. Kalau sumbatnya terlalu besar, janganlah anda mengiris bagian luarnya untuk memperkecil, karena dengan cara ini sumbat tersebut akan jadi tidak baik dan tidak dapat menutup botol dengan baik.
Tutup botol (prop atau sumbat) yang kebesaran, seharusnya bagian tengah di sebelah dalamnya yang diambil menurut kebutuhannya. Jadi bagian luar yang akan melekat dengan bibir botol tetap licin. Dengan cara ini tutup botol akan bekerja dengan baik.

Tips untuk sumbat botol masuk ke dalam

Anda seringkali mengalami bahwa sumbat botol masuk ke dalam botolnya dan sukar untuk mengeluarkannya.Ambillah seutas tali yang cukup kuat. Peganglah kedua ujung tali dan ujung yang melengkung dimasukkan ke dalam botol. Balikkan botolnya dan usahakan supaya sumbat masuk kedalam lengkung tali. Tariklah tali sehingga sumbat ikut keluar.

Tips praktis mencuci thermosfles

Thermosfles Anda bila akan disimpan sebaiknya di¬cuci dulu biar bersih. Anda dapat mencuci thermosfles dengan larutan cuka dan garam dalam air. Kocok-kocoklah thermosfles lalu dikeringkan supaya tidak berbau, thermosfles yang akan disimpan hendaknya jangan ditutup.

Tips unik mengisi thermosfles

Thermosfles seringkali akan pecah bila pagi-pagi diisi dengan air panas. Untuk menghindarkan ini panaskanlah ba¬gian dalam thermos itu terlebih dulu dengan uap air panas dengan cara ditaruh dengan mulutnya ke bawah di atas air yang sedang mendidih. Setelah itu baru diisi dengan air panas.

Tips Seputar Kamar


Tips unik menghilangkan bau tidak enak dari dalam kamar

Bilamana kamar tidur dua tiga hari tidak dipergunakan tentu baunya tidak enak.Untuk menghilangkan bau yang tidak enak di dalam kamar tidur biasanya dipergunakan "deodorizing spray” semacam spray yang dapat mengharumkan kamar.
Bilamana Anda tidak mempunyai spray ini dapat Anda pergunakan beberapa batang korek api. Nyalakanlah korek api di dalam kamar Anda setelah apinya padam, nyalakanlah batang yang kedua dan seterusnya sampai kira-kira 5-6 batang, tergantung dari besar-kecilnya kamar. Dengan cara ini kamar anda tidak bau lagi.

Tips membersihkan udara yang tertutup

Kamar yang sudah lama tidak dimasuki orang dan yang tertutup rapat, baunya tidak enak. Untuk membersihkannya ambillah setengah botol air lalu campur dengan terpentin (minyak untuk mencampur cat) sehingga setelah dikocok-kocok warnanya menjadi seperti susu.
Semprotkanlah cairan campuran itu dengan menggunakan semprotan obat nyamuk ke dalam kamar yang baunya tidak enak.Anda tentu akan tercengang karena dalam sekejap mata kamar yang berbau tersebut akan segera segar kembali.Akan lebih baik lagi bilamana ke dalam campuran terpentin-air tersebut, ditambah sedikit dengan ether-cuka (bisa dibeli di apotik), karena hasilnya akan lebih baik dan lebih menyegarkan.

Tips Seputar Cat


Tips seputar kuas cat

Pernah anda mengecat dan pada cat yang baru anda laburkan terdapat bulu-bulu dari kuas yang copot. Ini disebabkan mutu kuas yang kurang baik.Belilah kuas untuk mengecat yang bulu-bulunya lemas dan kuat diikat pada tangkainya.
Untuk lebih mendapatkan hasil yang memuaskan, rendamlah terlebih dulu kuas yang baru anda beli selama beberapa jam dalam air dingin sebelum dipakai. Lalu kepretkan beberapa kali supaya sisa air tidak ada lagi pada bulu-bulunya, setelah itu rendam sebentar dalam minyak terpentin, baru dipergunakan untuk mengecat. Hasil pengecatan anda akan jadi lebih baik dan bulu-bulu tidak akan terlepas lagi.Kuas yang habis dipakai direndam dalam terpentin sampai sisa cat tidak ada lagi, lalu keringkan dan gantung dengan bagian bulunya berada di bawah.

Tips menyimpan cat dengan benar

Jika anda bisa mengecat dan masih ada sisa catnya, tentu anda simpan, bukan? Biasanya orang menyimpan cat dengan tutupnya di sebelah atas. Hal ini adalah perbuatan yang keliru. Setelah beberapa waktu kemudian anda akan mempergunakan cat tersebut, bagian atas cat di dalam bilik tersebut akan terdapat suatu lapisan ”kulit” yang tebal yang tidak dapat dipergunakan.
Sebaliknya lain kali kaleng cat hendaknya diletakkan dengan tutupnya diletakkan sebelah bawah. Setelah cat tersebut anda pergunakan tutuplah rapat-rapat dan kalau perlu ketuklah bagian pinggir tutupnya supaya cat tidak bocor.Dengan cara ini maka tidak akan terjadi “kulit” lagi.

Tips membersihkan cat dari tangan

Kalau kita mencat rumah atau barang lainnya, seringkali tangan kita kena cat.Untuk menghilangkan cat dari kulit badan biasanya orang mempergunakan terpentin.Memang dengan terpentin cat cepat bersihnya dari kulit, tapi sayangnya terpentin dapat merusak kulit.
Sebagai pengganti terpentin dapat dipergunakan minyak kelapa (minyak sayur). Gosokkanlah kulit-kulit anda yang kena cat dengan lap yang sudah dibasahi dengan minyak kelapa. Memang pekerjaan ini agak lama sedikit jika dibanding bila kita mempergunakan terpentin, tetapi kulit anda akan aman.
0 Komentar untuk "Tips Praktis Seputar Rumah"


Back To Top