Tips Praktis Seputar Rumah

sekarang saya akan menambahkan lagi beberapa tips praktis dan unik seputar rumah tangga yang mungkin belum Anda ketahui. Tanpa panjang lebar lagi, mari kita simak artikel berikut ini.

Tips praktis seputar rumah tangga

Memanfaatkan pot plastik bekas tempat obat

Pot-pot plastik bekas tempat obat atau pil dari apotik simpanlah baik-baik dan kumpulkan pada suatu tempat. Pot-pot plastik ini banyak sekali kegunaannya.Bila anda pergi piknik, pot-pot ini dapat digunakan untuk tempat garam, gula pasir, kecap dan lain sebagainya.

Tips menutup kantong plastik

Biasanya untuk melekatkan kantong plastik dipergunakan mesin khusus untuk merapatkan plastik dan juga straples. Bila anda suatu waktu perlu menutup kantung plastik dan tidak punya mesinnya atau tidak ada straples, anda tidak usah kecewa. Ambillah sebatang lilin lalu nyalakan. Lipat kantung plastik di tempat mana anda akan lekatkan lalu bagian pinggirnya anda gerakkan menyerempet nyala lilin, dari ujung yang satu ke ujung lainnya. Maka kantung plastik akan melekat dan tertutup rapat.

Tips seputar sikat gigi

Sikat gigi anda yang baru bisa dipergunakan lebih lama lagi kalau anda merendamnya dalam air dingin selama 24 jam sebelum dipakai, air dingin tadi akan memperkuat bulu daripada sikat gigi anda.

Banyak orang mengira bahwa sikat gigi yang baru sudah cukup bersih, hingga langsung dipakainya. Lebih baik kita berhati-hati dengan membersihkannya dahulu. Banyak orang merendam sikat giginya yang baru dengan air panas. Karena banyak sikat gigi tidak tahan akan panas, lebih baik kita rendam di air garam yang asin sekali.

Tips seputar sabun mandi

Biasanya anda pergunakan sebuah sabun mandi bukan? Untuk menghemat pemakaian sabun mandi sebaiknya anda mempergunakan 2 sabun. Pergunakanlah hari ini satu sabun dan keesokannya sabun yang lain, begitu seterusnya ganti berganti. Selama sehari sabun yang anda pergunakan akan kering dengan sendirinya.
Dengan cara ini, kalau biasanya anda habiskan sebuah sabun mandi dalam seminggu, dengan ”sistim dua sabun” ini maka 2 batang sabun akan tahan tiga minggu.

Tips penggunaan detergent

Sabun bubuk detergent kini sudah mulai populer di Indonesia. Tapi sayangnya masih banyak kaum ibu yang keliru dengan cara penggunaannya. Banyak yang beranggapan bahwa semakin banyak detergent dipergunakan, semakin bersih cuciannya, hal ini adalah salah.
Kebanyakan kadar detergent, akan membuat suatu lapisan sabun pada pakaian dan ini antara lain dapat menyebabkan pakaian cepat menjadi hancur. Cobalah sekarang kurangi separuh dari jumlah yang anda pakai, jika air larutan detergent tersebut masih licin bila dipegang dengan tangan, nyatalah bahwa anda telah kebanyakan mempergunakan detergent.

Memanfaatkan kaleng bekas susu bubuk

Kaleng bekas susu bubuk biasanya dibuang orang jika isinya sudah habis. Sebetulnya kaleng tersebut banyak kegunaannya. Setelah kaleng-kaleng bekas susu bubuk tersebut anda cat, baik untuk tempat bumbu-bumbu dapur seperti gula pasir, kopi, ketumbar dan lain sebagainya.

Tips menghemat bensin

Bagi para ibu yang mengendarai mobilnya sendiri. Dengan melonjaknya harga bensin pada waktu ini, adalah sangat bijaksana bila para ibu mengadakan penghematan bensin. Di bawah ini kami ajukan beberapa caranya :

  • Janganlah sekali-kali menstater mobil anda dengan kencang atau cepat di waktu mesinnya masih dingin. Ini. dapat mengakibatkan pemborosan bensin dan juga menimbulkan kerusakan pada mesinnya yang tak diinginkan.
  • Sedapat mungkin setiap waktu ibu hendak menjalankan, dan menghentikan mobil itu, usahakanlah melakukannya dengan rata dan licin. Karena dengan tekanan gas pedal pada waktu yang sangat sering itu berarti membuang bensin dengan percuma. Demikian juga bila ibu memompa-mompa gas pedal dan membuang bensin. Selain daripada pembuangan bensin juga untuk menghindarkan kecelakaan yang sering terjadi dengan kendaraan bermotor.

Tips membersihkan minyak motor di lantai

Lantai dalam garasi mobil seringkali kotor oleh bekas-bekas minyak atau gemuk yang berceceran, membersihkannya mudah saja. Tutupilah noda minyak ini dengan kertas koran 2 atau 3 lembar. Tekan-tekan ke lantai lalu basahi kertas koran dengan air hangat. Tunggu kertas korannya menjadi kering baru angkat dari lantai. Dengan cara ini lantai garasi anda dapat dibersihkan dengan mudah tanpa mengeluarkan banyak tenaga.

Manfaat kertas pembungkus

Kalau anda pergi belanja ke toko-toko dan barang-barang yang dibeli biasa dibungkus dengan kertas yang kasar. Apakah anda biasanya membuang kertas bungkus begitu saja? Sebaiknya anda pakai kertas bungkus itu untuk membersihkan dan menggosok gelas-gelas dan kaca anda karena kertas-kertas tersebut paling berguna untuk mendapat kembali sinar dari gelas-gelas dan kaca-kaca, dan juga berguna untuk membersihkan kompor dan lain barang rumah tangga anda serta lebih ekonomis, agar anda tidak terlampau banyak memakai kain-kain mebel (kain kuning).

Tips menempel perangko yang benar

Kalau kita menempelkan perangko pada sampul seringkali lepas karena lem pada perangko kurang baik dan sedikit sekali. Ini juga mungkin salah satu sebab mengapa surat anda sering tidak sampai pada alamatnya karena mungkin perangkonya lepas di dalam tempat pemasukan surat.
Maka kalau anda kebetulan tidak punya lem, janganlah jilat perangko tersebut kalau hendak ditempelkan pada ujung sampul, tapi sebaiknya, ujung sampulnya yang di jilat baru perangkonya ditempelkan di tempat yang sudah basah tersebut. Lem pada perangko tersebut tidak akan berkurang karena menempel pada lidah anda.

Tips agar asbak mudah dibersihkan

Untuk tempat abu rokok kita pergunakan asbak. Biasanya asbak ini terbuat daripada gelas atau logam.Khusus untuk asbak yang terbuat daripada logam seperti aluminium dan lain sebagainya, pada dasarnya sebaiknya diberi lilin. Caranya ialah dengan menggosok-gosokkan pangkal lilin pada dasar asbak sampai cukup rata.Adanya lilin ini selain mematikan puntung rokok lebih cepat, juga membersihkannya jauh lebih mudah dan asbak akan tetap baik.

Manfaat pasir untuk memadamkan api

Bila Anda memasak dengan kompor minyak tanah, haruslah berhati-hati, karena kompor minyak tanah mudah sekali menimbulkan kebakaran. Bilamana terjadi kebakaran pada kompor minyak tanah, janganlah api yang berkobar anda siram dengan air. Cara yang baik ialah menyiramkannya dengan pasir kering. Maka dari itu bagi ibu-ibu yang menggunakan kompor minyak tanah sebaiknya menyediakan satu ember pasir kering di dapur.

Tips mengeraskan bunyi telepon

Bagi yang punya telepon  di rumah, di bawah ini ada sebuah petunjuk supaya dering telepon  bisa terdengar dari tempat yang agak jauh.
Ambillah sebuah kaleng atau ember yang terbuat daripada seng yang cukup besar untuk dimuatkan telepon. Bila Anda sedang berada di dapur misalnya dan jauh dari tempat telepon, letakkanlah telepon  di dalam kaleng tersebut dan bilamana telepon  berdering suaranya dapat terdengar karena kaleng akan bekerja sebagai alat pengeras suara. Bila anda sedang berada di dekat telepon sudah tentu tidak perlu memasukkan telepon  anda ke dalam "versteker" ini.

Tips untuk batu baterai yang telah habis

Anda tentu pernah mengalami bahwa batu baterai Anda habis stroomnya dan lampu senter tidak menyala. Batu baterai yang stroomnya habis, dapat dipakai untuk sementara jika dipanaskan sebentar di atas api atau matahari.

Tips menghilangkan bau pada tas kulit baru

Tas kulit yang berupa tas tangan, actentas ataupun koper yang baru biasanya berbau kurang sedap. Bau tidak enak ini dapat anda hilangkan dengan cepat dengan menggunakan bubuk kopi. Bungkuslah beberapa sendok kopi bubuk dengan kertas dan masukkan ke dalam tas tersebut dan biarkan di situ selama kurang lebih sejam. Bau tersebut akan hilang.

Tips membersihkan kopor kulit

Kopor kulit yang tidak dipakai kita simpan, bukan? Tapi jangan lupa supaya kelihatan tetap baik sering-sering dibersihkan. Cucilah bagian luarnya dengan larutan detergent yang encer dan terakhir disemir dengan semir sepatu natural (putih).

Tips membersihkan karet busa

Karet busa (spons) alat pencuci yang sudah lama dipakai akan menjadi kotor dan dekil. Cara pemakaiannya seharusnya setelah habis dipakai jangan sampai ada sisa sabun di dalam karet busa tersebut, peras sampai kering dan angin-anginkan.

Tips memantek tembok dengan paku

Jika anda akan menggantung sesuatu di tembok anda seperti pigura atau foto, maka anda memantek paku pada tembok tersebut. Tapi adakalanya tembok menjadi rusak dan bagian sekeliling paku lalu ambrol.
Untuk menghindari hal ini, pada bagian yang akan dipantek ditempeli dulu celotape seluas sebuah benggolan atau lebih besar sedikit, maka tembok anda akan baik setelah dipaku.

Tips seputar anak kunci

Jika anda punya banyak lemari dan banyak pula anak kuncinya, biasanya anak-anak kunci tersebut digabungkan jadi satu. Bila suatu waktu anda akan membuka salah satu lemari seringkali mendapat kesulitan untuk mendapatkan anak kunci yang cocok.
Untuk memudahkan mencari anak kunci yang cocok untuk lemari-lemari anda, berilah tanda dengan cat kuku pada masing-masing anak kunci dengan warna-warna yang berlainan begitu pula pada "rumah" kuncinya.

Tips menggunakan lampu sebagai kode

Banyak jalan di sini yang masih gelap pada malam hari dan bila rumah anda kebetulan berada di jalan yang gelap ini tentu menyulitkan tamu anda mencarinya, terutama yang belum pernah mengunjungi rumah anda. Bila anda mengundang kawan anda untuk mengunjungi rumah anda, berilah tanda dengan lampu berwarna di depan rumah anda. Anda tinggal memberitahukannya saja warna lampu di depan rumah anda, tentu kawan anda akan mudah mencari rumah anda.
Rumah saya di Jalan Cisalak. Itu lho yang lampu mukanya berwarna hijau. Lampu-lampu berwarna banyak dijual di toko alat-alat listrik.

Tips memberi tanda pada alat-alat rumah tangga

Alat rumah tangga yang gagangnya terbuat daripada kayu sebaiknya diberi tanda supaya mudah dikenali bila tertukar atau lain sebagainya.
Untuk memberi tanda, pergunakan cutex dan dengan kuasnya buatlah tanda atau huruf inisial pada bagian kayunya. Sebelum cutexnya kering panasilah di atas api untuk beberapa saat. Maka tanda yang baru saja anda tuliskan akan menjadi sebagai tanda yang dicapkan dengan besi panas.Coba saja!

Tips memasang sekerup

Bila anda ingin menggunakan sekerup untuk melekatkan/menyambung kayu atau untuk keperluan kayu lainnya, sebelum dipakai sebaiknya sekerup dicelupkan terlebih dulu ke dalam cairan sirlak untuk keperluan politur mebel, kemudian dikeringkan. Sekerup yang sebelumnya dicelup dalam sirlak dapat memperkuat melekatnya ke dalam kayu, disamping itu membuat sekerup tidak berkarat.

Tips-tips tersebut banyak saya dapatkan dari orang-orang dahulu, alias warisan. Tetapi tidak ada salahnya bila saya bagikan disini, dengan harapan dapat membantu Anda semua yang mungkin ada yang belum mengetahuinya. Semoga tips praktis seputar rumah tangga ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.
0 Komentar untuk "Tips Praktis Seputar Rumah "


Back To Top