Tips Unik Dan Praktis Seputar Rumah

Kali ini saya akan memberikan beberapa tips praktis lagi yang masih berkaitan dengan seputar rumah kita, seperti lilin, cellotape dan sepatu. Ok, tanpa panjang lebar mari kita simak artikel berikut ini: 

Tips seputar lilin


  • Tips menghias lilin

Untuk mencegah melelehnya lilin yang akan dipergunakan untuk perhiasan, dapat kita celupkan dalam shellac.
Lipstick anda telah habis? Janganlah dibuang, karena lipstick tersebut dapat dipergunakan untuk menghias lilin anda. Mula-mula cairkan sebuah lilin yang sudah pendek, setelah itu masukkanlah ujung lipstick ke dalam cairan lilin. Dalam keadaan panas masukkanlah lilin yang akan jadi perhiasan itu ke dalamnya. Mereka akan kelihatan lebih indah dan menarik serta dapat tahan lama menyala.

  • Tips menggunakan lilin dengan benar

Kadang-kadang ada pemadaman lampu listrik. Banyak orang memasang lilin. Jika Anda memakai kandelaar (tempat menaruh lilin) lilin tak dapat terpakai semuanya. Di dasar kandelaar berilah sepotong gabus sebagai alat penyambung. Pakailah jarum pentul untuk menghubungkan gabus dengan lilin dengan demikian lilin terpakai semuanya.Supaya lilin tidak cepat habis terbakar, ulasilah (pulas) sebelumnya lilin itu dengan sabun.

  • Tips untuk lilin yang bengkok

Lilin yang bengkok sudah tentu tidak dapat dipasang. Untuk meluruskannya kembali masukkanlah lilin tersebut ke dalam kantong plastik lalu hangatkan sebentar dengan api atau uap air panas. Jika lilin sudah mulai lembek, gulunglah di atas meja, maka lilin anda akan kembali lurus.

  • Tips memasang lilin

Biasanya orang memasang lilin di tempatnya dengan mempergunakan korek api dengan jalan memanaskan bagian bawahnya yang akan dimasukkan ke tempat lilin. Dengan cara ini, kadang-kadang kurang memuaskan karena sering kali lilin tidak dapat tegak berdirinya.
Supaya lilin yang akan anda pasang tegak berdiri di tempatnya, celupkanlah terlebih dahulu bagian pangkal lilin ke dalam air panas untuk sementara waktu. Sebelum lilin kembali mengeras, tancapkanlah lilin tersebut ke tempatnya lalu tegakkan dan pegangi terus untuk beberapa saat sampai lilinnya mengeras dengan sendirinya. Lilin yang anda pasang akan kuat terpancar dan tegak berdirinya.

  • Tips mengawetkan lilin

Untuk mencegah lilin lekas meleleh (lekas habis), maka sebelum dipakai, lilin direndam di dalam air garam yang agak pekat kira-kira 1 malam. Bila sudah kering dan lilin itu Anda pakai, tentu tidak akan lekas habis meleleh. Atau tempatkan lilin-lilin itu dalam lemari es untuk beberapa hari sebelum dipakai. Mereka akan menyala lebih lama dari biasanya dan tidak akan meleleh.

  • Tips membersihkan lilin yang berceceran pada meja

Untuk menyemarakkan pesta ulang tahun, natal atau sebagainya, orang sering mengadakan per jamuan malam dan kadang-kadang juga dengan lilin yang menyala. Seringkali tidak dapat dihindarkan lilin yang menyala tersebut meleleh dan berceceran pada meja sehingga menimbulkan vlek-vlek.
Cara yang paling baik untuk membersihkan lilin ini ialah dengan selembar karton. Janganlah sekali-kali anda menggunakan pisau untuk membersihkan lilin-lilin ini dari meja, sebab salah-salah bisa menyebabkan meja anda tergores dan akan menimbulkan cacat.
Setelah lilin-lilin tersebut bersih, ambillah sepotong lap yang sudah dibasahkan dengan air sabun hangat. Gosok-gosokkanlah meja yang terkena lilin tersebut sampai bersih. Pekerjaan anda belum selesai hingga di sini. Bekas yang terkena lilin masih harus di polis supaya meja anda tidak menjadi buram.


Tips seputar cellotape



  • Tips mencabut cellotape

Sudah jamannya sekarang orang-orang menggunakan cellopahn tape untuk melekatkan sesuatu. Juga untuk melekatkan kertas atau lain sebagainya pada tembok jarang dipergunakan pinnesjes (paku payung), tapi ditempelkan dengan cellotape.
Yang menjengkelkan ialah, bahwa bilamana kita akan membuang cellotape tersebut maka lapisan kap pada dinding atau kertas akan ikut terkupas. Untuk menghindarkan cara ini, pergunakanlah besi panas dan panasilah cellotape yang akan dilepaskan itu terlebih dulu. Dengan cara ini cellotape akan mudah dicopot dan tidak merusak benda yang bekas ditempelnya.

  • Tips mengeluarkan cellotape yang melekat pada rolnya

Cellophane tape perlu disimpan dalam rumah tangga karena banyak kegunaannya untuk melekatkan sesuatu.Ada kalanya cellotape tersebut melekat pada rolnya sehingga sulit dicari mana ujungnya.
Bila cellotape anda melekat seperti ini, masukkanlah sebentar ke dalam lemari es dan ujungnya nanti akan ”keluar” dengan sendirinya. Bila anda tidak punya lemari es, usahakanlah agar cellotape tersebut dingin.

Tips seputar sepatu 



  • Tips untuk sepatu baru

Sepatu baru selalu menimbulkan bunyi yang tidak begitu enak didengar. Untuk mencegahnya tusuk-tusuklah alas sol sepatu anda dengan benda yang tajam tepat di tengah-tengah.

  • Tips memasukkan tali sepatu

Sepotong logam yang dilingkarkan pada ujung tali sepatu pria sering terlepas, sehingga mengakibatkan sukarnya memasukkan tali tersebut pada lubangnya. Untuk memudahkannya pilinlah ujung tali sepatu anda dan celupkanlah ke dalam cutex (pewarna kuku wanita).


  • Tips untuk sisa semir sepatu

Janganlah anda membuang kaleng semir sepatu yang telah habis itu, karena di pinggir kaleng tersebut masih terdapat sisi obat yang telah kering, karena mungkin terlampau lama atau tidak ditutup rapat-rapat sehabis dipakai. Kaleng tersebut anda letakkan di atas api untuk sementara, sehingga sisa-sisa obat yang kering menjadi cair lagi.
Semir sepatu yang sudah lama disimpan atau menutupnya kurang rapat, seringkali menjadi kering dan tidak dapat dipakai lagi.Semir yang keras masih dapat dipergunakan lagi bila diberi sedikit terpentin (semacam cairan berwarna putih kekuning-kuningan, bahan untuk cat) lalu aduk-aduk hingga rata. Kemudian dapat dipakai seperti biasa.

  • Tips untuk sepatu yang licin

Sebelum anda memakai sepatu atau sandal anda yang baru yang terbuat dari kulit, lebih baik anda gosok dulu alas sepatu/sandal tersebut dengan ampelas karena sepatu/sandal tersebut terbuat dari kulit yang licin sehingga akan membuat yang memakainya terpeleset, apalagi anak-anak anda yang baru bisa berjalan, akan sangat membahayakan.

  • Tips supaya sepatu enak dipakai

Orang kebanyakan tahu bahwa kertas koran hanya untuk pembungkus. Tapi sebetulnya masih banyak keperluan lainnya. Sepatu anda yang jarang terpakai akan lekas tampak kisut dan tidak mulus. Remas-remaslah koran dan kepal-kepalkan sehingga merupakan gumpalan dan setelah itu isikan ke dalam sepatu anda. Sepatu anda akan tetap baik dan enak dipakainya.

  • Tips menyemir sepatu yang benar

Jika anda menyemir sepatu janganlah terburu-buru supaya semirnya cepat kering dengan menaruhnya di panas matahari. Hal ini tidak akan membawa hasil yang yang baik. Biarkan semir dengan perlahan keringnya, baru disikat. Akan lebih baik lagi hasilnya bila pada waktu menyemir dipasang ganjelannya, juga pada waktu sepatu tidak dipakai. Bila anda tidak punya ganjelan sepatu, pergunakanlah kertas koran, buat koran seperti bola lalu sumpalkan ke dalam sepatu.

  • Tips menghilangkan cacat pada sepatu

Sepatu kulit hitam yang cacat dapat diperbaiki dengan markingpen warna hitam (spidol).Hitamkanlah kembali bagian yang cacat pada sepatu anda tersebut sehingga baik kembali seperti semula.

  • Tips menghilangkan noda di sepatu kulit

Di waktu musim hujan sepatu kita sering basah dan kotor. Jika kering seringkali kelihatan banyak noda-noda.Ini dapat kita hilangkan dengan menggosok-gosokkannya dengan sedikit susu hangat. Noda-noda tentu akan hilang semuanya.Sesudah itu sepatu dapat disemir dengan semir sepatu lalu digosok sampai mengkilap.

Sebenarnya masih banyak lagi tips-tips yang lainnya. Mungkin akan disambung lagi besok untuk update tips-tips praktis lainnya. Tips praktis seputar rumah ini semoga bisa membantu Anda. Terimakasih.
0 Komentar untuk "Tips Unik Dan Praktis Seputar Rumah"


Back To Top