Untuk Jamuan Makan Prasmanan, Perhatikanlah Beberapa Hal Ini

Halo apa kabar sahabat tipsunikibu.com. Sebagai manusia, kita adalah mahluk sosial yang hidup bersama orang lain. Dalam membina hubungan antar sesama manusia, banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan untuk mempererat hubungan silaturahmi.

Sebagai contohnya seperti kegiatan arisan untuk ibu-ibu rumah tangga, pengajian, acara syukuran, acara hajatan dan sebagainya. Dalam melaksanakan kegiatan bersama itu, biasanya ada jamuan makan untuk para tamu. Seperti di Jawa, hal itu adalah wajib. Jamuan makan sendiri itu ada dua, yaitu jamuan makan formal dan jamuan makan informal.

Nah, kali ini saya akan berbagi sedikit hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda melakukan jamuan makan untuk para tamu. Dalam hal ini jamuan makan prasmanan yang bersifat informal, atau tradisional yang sering dilakukan.

Untuk Jamuan Makan Prasmanan, Perhatikanlah Beberapa Hal Ini


Tempat hidangan

Tempatkanlah suatu hidangan itu sesuai dengan sifatnya. Jangan misalnya perkedel ditaruh di dalam basi yang cekung, tetapi tempatkanlah pada piring ceper. Yang berkuah banyak tempatkan pada basi yang dalam, yang berkuah sedikit pada basi yang agak cekung, dan sebagainya.

Banyaknya hidangan

Janganlah melupakan perbandingan antara kuah dengan isi, umpamanya soto janganlah sayurannya terlalu banyak sedang kuahnya sedikit, tetapi sesuaikanlah perbandingannya. Demikian juga pecel jangan sampai sayuran yang ini jauh lebih banyak dari sayuran yang itu. Selain itu jangan sekali-kali menempatkan hidangan pada satu tempat, sehingga kepenuhan.

Hal ini kurang menarik dan yang terutama, tamu akan segan mengambilnya, takut kalau-kalau menumpahkan. Oleh karena itu sesuaikanlah banyaknya hidangan dengan besarnya tempat, atau kalau tidak ada tempat yang besar bagilah menjadi dua tempat.

Mengatur ruangan untuk jamuan makan

Tempat atau ruangan di mana meja hidangan itu berada harus juga kita ingat dan perhatikan. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak kita sengaja yang dapat membuat selera makan tamu terganggu, umpamanya disebabkan karena kesibukan, kita melupakan si Bungsu, sehingga tau-tau dia ikut menyibukkan diri di antara tamu, padahal belum mandi, kotor oleh mainan pasir dan beringus pula.

Atau dapat juga lap kompor yang kotor tanpa sengaja terbawa ke ruang tersebut dan kebetulan pula bersanding dengan tumpukan sendok garpu. Banyak lagi hal-hal kecil yang dapat kita lupakan yang sedikit banyak dapat mempengaruhi jalannya perjamuan.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya apa bila Anda memeriksa sekali lagi kalau-kalau ada sesuatu yang kurang beres sebelum mempersilahkan tamu-tamu memasuki ruangan. Untuk penambah semarak ruangan, letakkanlah vase-vase bunga yang bunganya dapat kita beli atau kita ambil dari kebon sendiri.

Hiasan pada makanan

Yang terpenting dalam persoalan ini ialah hiasan pada hidangan-hidangan tersebut. Dalam hal ini kita ambil suatu contoh hidangan yang banyak penggemarnya, sederhana tetapi sehat, yaitu gado-gado komplit. Gado-gado dapat kita permewah dengan bahan-bahan yang dipilih karena warna dan rasanya. Jangan kita memakai kangkung, nangka, dsb.

Yang kurang menarik wamanya, tetapi pakailah sayur-sayuran seperti kol, wortel, buncis, kacang panjang, taoge, ketimun, kentang. Di sini kita sudah mendapat warna-warna putih. merah, hijau tua, hijau muda, kuning, dan sebagai penambah rasa dan hiasan dapat kita ambil telor, ketimun, tomat yang dihias serta ditaburi emping goreng dan brambang goreng.

Harus pula kita perhatikan warna sambalnya, harus menarik yaitu merah, untuk ini dapat dengan mengukus sebentar cabai merahnya sebelum ditumbuk. Jangan pula melupakan rasa pedasnya, yaitu diambil sedangnya, jangan pedas-pedas, sebab kita harus menyesuaikan selera banyak tamu. Ini berlaku pula untuk hidangan lain yang memakai cabai.

Untuk lebih menarik lagi, piring hendaknya dialas daun selada. Potongan-potongan sayurannyapun harus diperhatikan, jangan terlalu besar dan tak teratur. Usahakanlah agar besar potongannya sama dan sesuai. Untuk wortel dan buncis dapat dipotong menyerong. Telor, ketimun selain untuk hiasan dapat pula sebagian diiris biasa untuk campuran gado-gado. Dapat pula diberi tahu/tempe goreng.

Dalam acara jamuan makan adalah hal penting untuk memperhatikan kepuasan para tamu. Baik dari segi makanan yang di hidangkan, ataupun dari segi cara penyajiannya. Oleh karena itu, pengolahan sayur dan buah menjadi makanan yang enak adalah hal yang harus Anda kuasai sebelum menyajikan makanan. Beberapa hal diatas adalah untuk jamuan makan prasmanan sederhana yang sering dilakukan ibu-ibu rumah tangga di kampung-kampung, seperti pada acara arisan, pengajian, dll. Semoga artikel ini dapat membantu Anda, terimakasih.
0 Komentar untuk "Untuk Jamuan Makan Prasmanan, Perhatikanlah Beberapa Hal Ini"


Back To Top